DETAIL DOCUMENT
Analisis Peranan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Siswa SDN 3 Mujing Tahun Pelajaran 2020/2021)
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
FAHMI, ALVIAN NAURI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-11-11 04:09:36 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Peran orang tua dalam mendampingi anak belajar pada masa pandemi covid-19. 2) Hambatan yang dialami orang tua dalam mendampingi anak belajar pada masa pandemi covid-19. 3) Solusi yang dilakukan orang tua dalam menangani hambatan belajar anak pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan di Desa Mujing, Kecamatan Nawangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu orang tua siswa dan guru kelas II SD Negeri 3 Mujing. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Penulis berperan sebagai pewawancara langsung untuk menggali data melalui orang tua dan guru kelas II SD Negeri 3 Mujing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam mendampingi anak belajar daring di SD Negeri 3 Mujing yaitu orang tua melaksanakan dua peran sekaligus pertama menjadi orang tua dan kedua menjadi guru di rumah bagi anak. Hambatan yang dialami orang tua dalam pembelajaran daring di SD Negeri 3 Mujing yaitu masih kurangnya pemenuhan fasilitas pembelajaran. Solusi yang dilakukan orang tua untuk menghadapi hambatan tersebut adalah memberikan dorongan serta motivasi kepada anak agar selalu aktif dalam mengikuti pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Kata Kunci: Peranan orang tua, Anak belajar, Pandemi covid-19. 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan