DETAIL DOCUMENT
PROFIL DUKUNGAN KELUARGA DAN SEKOLAH TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 6 NGRECO DI MASA PANDEMI TAHUN AJARAN 2020/2021
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
ARIEFUDIN, ILMAY RISQI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-03-02 07:27:52 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1. profil dukungan keluarga terhadap aktivitas belajar siswa, 2. profil dukungan sekolah terhadap aktivitas belajar siswa dan 3. aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri 6 Ngreco di masa pandemi. Penelitian ini di lakukan di Desa Ngreco, Kecamatan Tegalombo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yang berupa teks bukan suatu angka-angka sebagai penggambaran peristiwa dalam penelitian. Subjek dalam penelitian ini yaitu wali murid, siswa dan guru/wali kelas IV. Objek penelitian ini adalah profil dukungan keluarga dan sekolah. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan uji kredibilitas menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil dalam penelitian ini 1. Dukungan keluarga sangat dibutuhkan peserta didik untuk menunjang aktivitas belajar mereka, para keluarga peserta didik mendukung aktivitas belajar siswa dengan memberikan dukunga yang berupa motivasi, nasihat, bimbingan belajar, dan fasilitas yang yang lain yang dibutuhkan siswa. 2. Peserta didik sangat membutuhkan dukungan dari sekolah demi kelancaran aktivitas belajar mereka yang berupa peminjaman buku pembelajaran sebagai sumber ilmu yang dibutuhkan para peserta didik dan pembuatan grub kelas dengan menggunakan aplikasi whatsapp sebagai perantara penyampaian materi pembelajaran serta penugasan yang diberikan wali kelas/guru. 3. Masa pandemi ini para peserta didik menjalani aktivitas pembelajaran secara daring, pembelajaran daring menuntut para peserta didik untuk belajar mandiri di rumah masing-masing dengan mengandalkan teknologi. Kata Kunci: Dukungan keluarga, Dukungan sekolah, Aktivitas belajar. ABSTRACT This study aimed to describe 1. the profile of family support for student learning activities, 2. the profile of school support for student learning activities and 3. the learning activities of fourth grade students at SD Negeri 6 Ngreco during the pandemic. This research was conducted in Ngreco Village, Tegalombo District. This research was a qualitative research using a descriptive approach in the form of text instead of numbers as a description of events in the study. The subjects in this study were guardians of students, students and teachers/guardians of class IV. The object of this research was the profile of family and school support. Data collection was taken through interviews, observation, and documentation, while the credibility test used source triangulation techniques. The results of this study showed that 1. Family support was needed by students to support their learning activities. The families supported student learning activities by giving motivation, advice, tutoring, and providing any facilities needed by students. 2. Students really need schools support for the smoothness of their learning activities such as providing learning books as a learning source needed by students and making class groups using the WhatsApp application as an intermediary for delivering learning materials and assignments given by the homeroom teacher. 3. During this pandemic, students undergo online learning activities, requires students to study independently at home by relying on technology. Keywords: family support, school support, learning activities. 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan