DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESALAHAN DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA
Total View This Week12
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
KUNCORO, ANGGUN DWI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-09-11 01:10:58 
Abstract :
ABSTRAK Anggun Dwi Kuncoro. Analisis Kesalahan Dalam Mengerjakan Soal Matematika Berdasarkan Prosedur Newman Ditinjau Dari Aktivitas Belajar. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2020. Tujuan penelitian; 1) Mengetahui kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika berdasarkan analisis Newman’s Error ditinjau dari aktivitas belajar tinggi, 2) Mengetahui kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika berdasarkan analisis Newman’s Error ditinjau dari aktivitas belajar sedang, 3) Mengetahui siswa dalam mengerjakan soal matematika berdasarkan analisis Newman’s Error ditinjau dari aktivitas belajar rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Pengambilan sampel secara purposive sampling. Subjek penelitian siswa kelas VIII C SMP N 3 Tulakan tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan tes, angket, dan wawancara. Kesalahan siswa pada aktivitas belajar tinggi; (a) Readings Error, mampu membaca perintah soal, (b) Comprehensions Error, menuliskan apa yang ditanyakan, (c) Transformations Error, menuliskan rumus dengan benar, (d) Processing Skill Error, sudah menghitung jawaban, (e) Encodings Error, siswa menuliskan kesimpulan. Kesalahan siswa pada aktivitas belajar sedang; (a) Readings Error, tidak menuliskan apa yang diketahui karena lupa, (b) Comprehensions Error, tidak menuliskan apa yang ditanyakan (c) Transformations Error, tidak menuliskan rumus dengan benar karena bingung, (d) Processing Skill Error, tidak menuliskan jawaban akhir karena mengalami kesalahan pada penulisan rumus, (e) Encodings Error, tidak menuliskan kesimpulan karena terburu-buru. Kesalahan siswa pada aktivitas belajar rendah; (a) Readings Error, tidak menuliskan apa yang diketahui karena tidak membaca perintah soal, (b) Comprehensions Error, tidak mampu memahami kalimat soal sehingga tidak menuliskan apa yang ditanyakan, (c) Transformations Error, kurang dalam menuliskan rumus, (d) Processing Skill Error, salah dalam melakukan perhitungan, (e) Encoding Error, tidak menuliskan penarikan kesimpulan dikarenakan mengalami kesalahan pada tahap sebelumnya. Kata Kunci: Kesalahan siswa, Newman’s Error Analysis (NEA), Aktivitas Belajar siswa 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan