DETAIL DOCUMENT
DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 1 JATIGUNUNG
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
WIJAYA KUSUMA, RIZAL
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-23 02:05:29 
Abstract :
ABSTRAK Rizal Wijaya Kusuma. Dampak Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 1 Jatigunung. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penggunaan gadget siswa kelas IV SD Negeri 1 Jatigunung; (2) kemampuan interaksi sosial siswa dalam mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 1 Jatigunung; (3) dampak penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Jatigunung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2021/2022. Informan pada penelitian ini adalah siswa kelas IV, guru kelas, dan kepala SD Negeri 1 Jatigunung. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dengan analisis data menggunakan analisis Miles & Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Siswa kelas IV dengan jumlah 26 siswa, termasuk pengguna gadget berjenis smartphone; (2) Kemampuan interaksi sosial siswa kelas IV pada saat pembelajaran IPS di kelas termasuk rendah; (3) Penggunaan gadget pada siswa berdampak negatif terhadap kemampuan interaksi sosial siswa dalam pembelajaran IPS. Dampak negatif tersebut berupa siswa berbicara kepada gurunya dengan bahasa yang kurang halus (dalam Bahasa jawa ngoko), siswa kurang percaya diri, siswa kurang berinteraksi dengan teman, dan siswa kurang fokus ketika diberikan materi. Kata kunci: Gadget, Interaksi Sosial, Pembelajaran IPS ABSTRACT Rizal Wijaya Kusuma. The Impact of Gadget Use on Students Social Interaction Ability in Social Studies Learning Class IV SD Negeri 1 Jatigunung. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan This research aims to know (1) the use of gadget for fourth grade students of SD Negeri 1 Jatigunung; (2) the ability of students social interaction in social studies subjects for grade IV SD Negeri 1 Jatigunung; (3) the impact of using gadget on students' social interaction skills in social studies learning for fourth grade students at SD Negeri 1 Jatigunung. This research used descriptive qualitative. This research was conducted in the 2021/2022 academic year. The subjects this study were fourth grade students, teachers, and the principal of SD Negeri 1 Jatigunung. Collecting data used observation, interview, and documentation techniques. The validity of the data used source triangulation with data analysis by Miles & Huberman analysis. Data analysis were data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that: (1) Grade IV students are gadget users, the type used is a smartphone; (2) The social interaction ability of fourth grade students during social studies learning in class is low; (3) The user of gadgets on students has negative impact on social studies learning. The negative impact to students always talk to their teacher using less refined language (Javanese ngoko), students less confidence, students less interaction with friends, and students not focus when given the material. Keyword: Gadget, Social Interaction, Social Studies Learning 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan