DETAIL DOCUMENT
PEMANFAATAN MEDIA RANGKA TUBUH MANUSIA UNTUK MENUMBUHKAN LITERASI VISUAL DAN SAINS PADA SISWA
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
PUJIATI, SLAMET
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-23 02:13:40 
Abstract :
ABSTRAK Slamet Pujiati. Studi Deskriptif Pemanfaatan Media Rangka Tubuh Manusia Untuk Menumbuhkan Literasi Visual Dan Sains Pada Siswa. Skripsi, Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran, kemampuan literasi visual dan sains, dan untuk mengetahui kendala pelaksanaan pelajaran menggunakan media rangka tubuh manusia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis diskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Jatigunung, dengan jumlah 10 siswa. Penentuan subjek menggunakan teknik Random sampling. Instrumen utama penelitian ini yaitu peneliti sendiri (Human Instrument) dengan instrumen bantu yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses pembelajaran menggunakan media rangka tubuh manusia (torso) di SDN 1 Jatigunung sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Melalui proses pembelajaran menggunakan media rangka tubuh manusia mampu menumbuhkan literasi visual dan sains pada siswa dengan diadakannya pelaksanaan pre-test dan post-test. Hal tersebut didapat dalam kegiatan observasi, tes, dan wawancara. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Rangka Tubuh Manusia, Literasi. ABSTRACT Slamet Pujiati. Discriptive Study of the Utilization of Human Body Skeletal Media to Grow Visual and Scientific Literacy in Thesis. Students, Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2022. This study aims to determine the learning process. Visual and scientific literacy skills, and to find out the obstacles to implementing lessons using the human body skeleton media. This research is a qualitative research with descriptive type. The subjects of this study were teachers and fourth grade students of SD Negeri 1 Jatigunung, with a total of 10 students. Determination of the subject usingnrandom samplingntechnique the main instrument of this research himself (Human Instrument) with auxiliary instrument namely observation, test, interview, and documentation. The conclution of this research is the learning process using the human body skeleton (torso) media at SD Negeri 1 Jatigunung in accordance with the learning implementation plan (RPP), test, and interview. Keywords: Learning Media, Human Body Framework, Literacy 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan