DETAIL DOCUMENT
PERAN ORANG TUA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS II MIN 5 PACITAN
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
NUR KAYANI, ESA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-23 01:41:09 
Abstract :
Esa Nur Kayani. Peran Orang Tua Terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Membaca dan Menulis Siswa Kelas II MIN 5 Pacitan. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI PACITAN, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan literasi membaca dan menulis siswa kelas II MIN 5 Pacitan, (2) mendeskripsikan peran orang tua terhadap kemampuan literasi membaca dan menulis pada siswa kelas II MIN 5 Pacitan, (3) mendeskripsikan strategi meningkatkan kemampuan literasi membaca dan menulis siswa melalui peran orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek yang digunakan pada penelitian ini yaitu 1 guru, 10 siswa, dan 10 orang tua siswa kelas II MIN 5 Pacitan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan model Miles dan Hubermen. Hasil analisis data pada penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) siswa sudah mampu menguasai kemampuan literasi membaca dan menulis dengan baik. Dan beberapa siswa masih belum mampu menguasai kemampuan literasi membaca dan menulis secara baik, (2) orang tua siswa telah memerankan dirinya untuk membantu anak meningkatkan kemampuan literasi membaca dan menulisnya dengan baik, (3) masing-masing orang tua memiliki beragam cara dalam membantu meningkatkan kemampuan literasi membaca dan menulis pada siswa kelas II di MIN 5 Pacitan. Di antaranya menyediakan berbagai media belajar seperti buku cerita, buku mengeja, buku untuk latihan menulis dan pendampingan pada saat melaksanakan kegiatan belajar di rumah. Kata Kunci: Peran Orang Tua, Kemampuan Literasi, Siswa. ABSTRACT Esa Nur Kayani. The Role of Parents in Improving Reading and Writing Literacy Skills for Class II Students of MIN 5 Pacitan. Thesis. Pacitan: STKIP PGRI PACITAN, 2022. This study aimed to (1) describe the reading and writing literacy skills of class II students at MIN 5 Pacitan, (2) describe the role of parents in reading and writing literacy skills in class II students at MIN 5 Pacitan, (3) describe strategies to improve reading literacy skills and writing students through the role of parents. This research was a qualitative research that used a descriptive approach. The subjects that used in this study were 1 teacher, 10 students, and 10 parents of class II students at MIN 5 Pacitan. Data collection methods in this study used observation, interviews, and documentation. The data analysis technique in this study was the Miles and Hubermen model. The results of data analysis in this study can be concluded that: (1) students were able to master reading and writing literacy skills well. Besides, some students were still not able to master reading and writing literacy skills well, (2) students' parents be good role models to help their children improve reading and writing literacy skills well, (3) each parent has various ways to help improve their literacy skills. These include providing various learning media such as story books, spelling books, books for writing exercises and assistance when carrying out learning activities at home. Keywords: The Role of Parents, Literacy Ability, Students. 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan