DETAIL DOCUMENT
CAMPUR KODE TUTURAN GURU DALAM PEMBELAJARAN KELAS III MIM BUBAKAN TULAKAN TAHUN PELAJARAN 2022
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
MUTOHAR, AHMAD
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-23 02:47:24 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk campur kode tuturan guru dalam pembelajaran pada siswa kelas III MIM Bubakan dan penyebab terjadinya campur kode tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif studi kasus dengan hasil sajian data deskriptif berupa tuturan lisan pada fenomena kebahasaan yang memengaruhi penggunaan bahasa dari tuturan guru dalam pembelajaran di MIM Bubakan. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik rekam dan teknik transkipsi data. Berdasarkan penelitian menyimpulkan bahwa campur kode tuturan guru dalam pembelajaran di MIM Bubakan yang berbentuk kata dan frasa. Yang berbentuk kata terdiri dari kata seru (Interjeksi), kata ganti (Pronomina), kata sifat (Adjektiva), kata kerja (Verba), kata bilangan (Numeralia) dan kata Benda (Nomina). Adapun bentuk dari frasa terdiri dari, Frasa Preposisi (Frasa Depan), Frasa Biasa, Frasa Ekosentrik, dan Frasa Setara. Dan penyebab terjadinya campur kode ini karena adanya sikap kebahasaan pada tuturan guru yang ditemukan dalam pembelajaran. . Kata Kunci : Campur kode, Dwibahasa, Tuturan, Pembelajaran, Sosiolinguistik 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan