DETAIL DOCUMENT
PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL MUSEUM TROWULAN MAJAPAHIT SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA MUHAMMADIYAH 3 TULANGAN KABUPATEN SIDOARJO TAHUN AJARAN 2018/2019.
Total View This Week45
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
NUGRAHA, ARYA CIPTA
FAJRIYAH, IZZATUL
Fitriany, Aulia
Subject
LA History of education 
Datestamp
2019-07-26 06:02:29 
Abstract :
Cipta, Arya Nugraha. 2019. Pemanfaatan media audio visual museum Trowulan Majapahit sebagai sumber pembelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan Kabupaten Sidoarjo Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Sidoarjo. Dosen pembimbing: 1) Izzatul Fajriyah, 2) Aulia Fitriany. Dalam membentuk pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran sejarah, maka sudah tiba waktunya bagi para guru harus menyusun berbagai jenis bahan ajar. Seperti halnya dengan pembelajaran sejarah, Kini mata pelajaran sejarah tersebut dapat dijadikan sebagai sumber belajar dan dibantu dengan memanfaatkan salah satu media pembelajaran sejarah yang efektif yaitu media audio visual (video). Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan terhadap bentuk media video sebagai sumber pembelajaran sejarah kelas X IPS di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan dengan latar obyek museum Trowulan Majapahit, 2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan menggunakan media audio visual, dan 3) mendeskripsikan sistem evaluasi pembelajaran sejarah pada penggunaan media audio visual dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah berupa temuan narasumber, lokasi penelitian dalam pelaksanaan pembelajaran, serta pengambilan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara dengan narasumber, dan mengkaji dokumen. Validitas data yang digunakan berupa trianggulasi peneliti, trianggulasi sumber, trianggulasi metode, dan trianggulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) bentuk media yang digunakan seperti media audio visual (video) ini dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar terutama pembelajaran sejarah, 2) pembelajaran sejarah dapat di manfaatkan dengan menggunakan salah satu media pembelajaran berbasis audio visual (video) yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan, dan 3) proses evaluasi yang berpijak pada nila-nilai yang dilakukan oleh guru sejarah dengan hasil yang baik. Kata Kunci : pembelajaran sejarah, media audio visual, museum. 

Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo