DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS IX DI SMPN 2 SARONGGI TAHUN PELAJARAN 2014 – 2015
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sumenep
Author
Indira, Ayusiswari
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-05-21 02:19:19 
Abstract :
Abstrak Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas IX SMPN 2 Saronggi Tahun Pelajaran 2014 - 2015 Kata kunci : Bimbingan kelompok, Rasa Percaya Diri Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya rasa percaya diri siswa kelas IX di SMPN 2 Saronggi. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah ada beberapa siswa yang mempunyai rasa percaya diri yang rendah, mereka selalu merasa cemas dan gugup ketika harus berinteraksi dengan teman ? temannya yang lain dan juga meraka tidak bisa berpartisipasi secara aktif di kelas karena mereka merasa takut jika harus bertanya ataupun menjawab pertanyaan dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan rasa percaya diri. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental dengan jenis rancangan one group pretest ? posttest design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala rasa percaya diri yang digunakan untuk mengetahui rasa percaya diri siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 115 siswa sedangkan sampel penelitian berjumlah 23 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan bantuan SPSS 16.00 For Windows . Data perhitungan diperoleh thitung = 5,120 sedangkan ttabel dengan taraf signifikansi 1% sebesar 2,819. Hal ini berarti perhitungan signifikan dan hipotesis kerja dalam penelitian ini diterima. Dari hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa ada peningkatan yang positif dan signifikan dalam pemberian layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa. Hal ini terbuktidari hasil uji t, bahwa thitung (5,120) > ttabel (2,819) untuk ? = 1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas IX. 
Institution Info

STKIP PGRI Sumenep