Abstract :
ABSTRAK
LATIFA DESI WULANDARI: Peranan Metode Bimbingan Kelompok dalam
Mengatasi Kenakalan Siswa di SMPN1 Sumenep Tahun Pelajaran 2013-
2014.
Kata kunci: peranan,metode,bimbingan kelompok,dalam mengatasi kenakalan
siswa.
Globalisasi dan perkembangan teknologi sangat besar pengaruhnya
terhadap pola emosi dan psikologi siswa di SMPN1 Sumenep,sehinggga tidak
heran joka pada akhir-akhir ini kenakalan siswa dan kehidupan anak untuk
bersosialisasi tidak sempurna sehingga berpengaruh terhadap pola belajar
siswa di sekolah.Untuk mengatasi persoalan ini dan dalam rangka meningkatkan
pelayanan konseling kepada siswa SMPN1 Sumenep perlu adanya peranan guru
BK yang dapat mengarahkan siswa dan menyesuaikan diri dengan lingkungan
serta dapat mengembangkan diri siswa secara optimal.
Berdasarkan pemahaman diatas maka dalam penelitian ini bertujuan
untuk :
1.Mendeskripsikan Peranan Metode Bimbingan Kelompok dalam Mengatasi
Kenakalan siswa kelas VII-6 SMPN1 SumenepTahun Pelajaran 2013-2014.
2.Menjelaskan tentang kenakalan siswa yang diberikan guru BK di SMPN1
Sumenep Tahun Pelajaran 2013-2014.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat alami dan
di tampilkan sebaimana adanya.Penelitian kualitatif dimaksudkan untuk
mengetahui peristiwa-peristiwa sebaimana terjadi secara alami melalui
pengumpulan data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan
guru BK sehingga penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif .
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah 1.Peranan metode bimbingan
kelompok dalam mengatasi kenakalan siswa kelas VII-6 di SMPN1 S umenep
Tahun Pelajaran 2013-2014 adalah sangat berperan aktif dalam memberikan
bimbingan kelompok kepada siswa ?siswi SMPN1 Sumenep .2.Sedangkan untuk
Bimbingan kelompok yang sudah terialisasi di SMPN1 Sumenep Tahun
Pelajaran 2013-2014.
Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian ini direkomendasikan 1.Bagi
guru BK hendaknya melaksanakan tambahan layanan bimbingan dan konseling
di SMPN1 Sumenep agar peranan guru BK lebih sempurna dan lebih baik untuk
kemajuan sekolah dan perkembangan pola pikir dan kemandirian siswa dan
tercapai secara sempurna,2.Bagi peneliti perlu meningkatkan kemampuan diri
untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam meneliti dan belajar sebagai calon
guru BK.