DETAIL DOCUMENT
Efektivitas Reinforcement Positif dalam Konseling Kelompok terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Sumenep Tahun Ajaran 2013/2014
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sumenep
Author
Maulidina, Nurmasito
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-05-09 04:53:14 
Abstract :
ABSTRAK Maulidina Nurmasito. NPM. 100.86201.1.A.000173. Efektivitas Reinforcement Positif dalam Konseling Kelompok terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Sumenep Tahun Ajaran 2013/2014 Kata Kunci : Motivasi Belajar, Konseling Kelompok, Reinforcement Positif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pemberian reinforcement positif melalui konseling kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah reinforcement positif dalam konseling kelompok efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa XI SMA Negeri 1 Sumenep tahun ajaran 2013/2014. Desain penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan model one group pre-test and post-test design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sumenep tahun ajaran 2013/2014. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 4 siswa. Variabel yang digunakan ada dua yaitu reinforcement positif dalam konseling kelompok sebagai variabel bebas, yang dilambangkan dengan (X) dan motivasi belajar siswa sebagai variabel terikat yang dilambangkan dengan (Y). Uji validitas instrument menggunakan rumus Product Moment, dan dilanjutkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha.Hasil uji validitas instrument diperoleh butir instrument yang valid 44 butir dan 9 butir tidak valid digugurkan dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,936. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil uji t menunjukkan thitung (28,364) > ttabel (12,924). Dengan kata lain dapat dinyatakan bahwa hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi ?Reinforcement Positif dalam konseling kelompok tidak efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sumenep tahun ajaran 2013/2014?, ditolak. Sedangkan hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi ?Reinforcement Positif dalam konseling kelompok efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sumenep tahun ajaran 2013/2014?, diterima. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan ?Reinforcement Positif dalam konseling kelompok efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sumenep tahun ajaran 2013/2014?, terbukti kebenarannya. 
Institution Info

STKIP PGRI Sumenep