DETAIL DOCUMENT
Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa SMP Negeri 2 Kalianget Tahun Pelajaran2013-2014
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sumenep
Author
Dewi, Normalisa
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-05-21 07:14:47 
Abstract :
Abstrak Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa SMP Negeri 2Kalianget Tahun Pelajaran2013-2014 Kata kunci : layanan bimbingan kelompok, disiplin belajar Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan kembali kesadaran siswa terhadap disiplin belajar, salah satunya adalah memaksimalkan fungsi konselor dalam melaksanakan kegiatan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Khususnya terhadap siswa yang kesadaran dalam disiplin belajarnya rendah. Dengan melihat tujuan bimbingan dan konseling, maka dalam hal membantu siswa untuk meningkatkan disiplin belajar yaitu dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok. Menentukan pilihan pada penggunaan layanan bimbingan kelompok sebagai solusi untuk menumbuhkan kembali kesadaran disiplin belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang keefektifan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan disiplin belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kalianget. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan pre test and post test one group desaign menggunakan sampel sebanyak 33 siswa untuk pre test dan 10 siswa yang memiliki disiplin belajar rendah untuk post test. Pengumpulan data dengan menggunakan angket, diberikan sebanyak dua kali yakni sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik pengolahan uji t. Hasil perhitungan analisis dijelaskan bahwa nilai pre test dan post test menunjukkan perbedaan, nilai rata-rata post test sebesar 126.70 menunjukkan lebih tinggi dari nilai rata-rata pre test sebesar 109.40 dikarenakan adanya perlakuan bimbingan kelompok. Diketahui bahwa nilai thitung adalah sebesar 6,159 > ttabel 2,262, sehingga Ha diterima dan berdasar signifikan 0,00 < 0,05 berati Ho ditolak. Berdasarkan data diatas dapat diketahui bahwa ada perbedaan disiplin belajar siswa sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok dan layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan disiplin belajar siswa. 
Institution Info

STKIP PGRI Sumenep