DETAIL DOCUMENT
Efektivitas Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy Teknik Thought Stopping Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas XI IPA 3 Di SMAN 1 Bluto Tahun Pelajaran 2014-2015
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sumenep
Author
Diana, Ayu Puspita Sari
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-05-09 08:18:52 
Abstract :
ABSTRAK Efektivitas Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy Teknik Thought Stopping Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas XI IPA 3 Di SMAN 1 Bluto Tahun Pelajaran 2014-2015 Diana Ayu Puspita Sari Kata Kunci : Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy Teknik Thought Stopping, Percaya Diri Setiap individu memiliki lingkungan, latar belakang dan pola pikir yang berbeda-beda, sehingga hal itu mempengaruhi kepribadian, pembentukan rasa percaya diri dan interaksi dengan lingkungannya Rasa percaya diri sangat penting dalam hal mengembangkan sikap sosialisasi didalam lingkungan yang baru. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok rational emotive behavior therapy teknik thought stopping dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas XI IPA 3 di SMAN 1 Bluto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 31 siswa dan yang menjadi sampel penelitian berjumlah 8 siswa, dari 31 siswa sampel diambil 25% yaitu sebanyak 8 siswa. Pengambilan sampel 8 siswa dengan melihat hasil analisis instrumen pretest dan 8 siswa tersebut diberikan layanan konseling kelompok rational emotive behavior therapy teknik thought stopping. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pre-eksperimental rancangan One Group Pretest-Posttest Design dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive Sampling. Variabel percaya diri diukur menggunakan skala likert. Data dari penelitian dianalisa menggunakan teknik analisis uji-T dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0 For windows. Dari hasil analsis data menunjukkan bahwa konseling kelompok rational emotive behavior therapy teknik thought stopping dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa ada perbedaan yang signifikan antara sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan hal ini ditunjukkan oleh nilai t hitung 7,309 dan t tabel 3,707 pada taraf signifikan 1%, maka t hitung lebih besar dari t tabel. Besarnya signifikansi = 0,000 dengan ketentuan harus lebih kecil dari 0,01. Dari hasil penelitian peneliti menyimpulkan bahwa ada perbedaan rasa percaya diri siswa sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan dan konseling kelompok rational emotive behavior therapy teknik thought stopping efektif dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa. 
Institution Info

STKIP PGRI Sumenep