DETAIL DOCUMENT
HubunganAntara Pola Asuh Orang Tua Demokratis Dengan Tingkat Kedisiplinan Siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Saronggi Sumenep Tahun Pelajaran 2014-2015,
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sumenep
Author
EFA, KURNIA FARADILA,
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-05-09 08:07:23 
Abstract :
ABSTRAK EFA KURNIA FARADILA, hubungan antara pola asuh orang tua demokratis dengan tingkat kedisiplinan siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Saronggi Sumenep Tahun Pelajaran 2014-2015, skripsi, bimbingan konseling, STKIP PGRI SUMENEP, 2014. Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Kedisiplinan Siswa. Pendidikan anak tidak hanya dilakukan di lingkungan sekolah tetapi juga dilaksanakan di rumah, yaitu di dalam lingkungan keluarga. Pendidikan dalam keluarga merupakan basis pendidikan yang pertama dan utama. Peran orang tua yang seharusnya adalah sebagai orang pertama dalam meletakkan dasar-dasar pendidikan terhadap anak-anaknya. Di dalam keluarga yang menjadi panutan pertama dan utama adalah orang tua. Pola asuh orang tua yang baik sangat diperlukan dalam sikap disipilin anak di rumah, karena hal ini sangat erat kaitannya dengan sikap disiplin anak di sekolah sebagai siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah ada hubungan antara pola asuh orang tua demokratis dengan tingkat kedisiplinan siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Saronggi Sumenep Tahun Pelajaran 2014-2015? (2) Berapa prosentase hubungan antara pola asuh orang tua demokratis dengan tingkat kedisiplinan siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Saronggi Sumenep Tahun Pelajaran 2014-2015?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Saronggi Sumenep Tahun Pelajaran 2014-2015. Pada penelitian ini instrumen yang digunakan untuk kedua variabel adalah angket tertutup. Pengolahan data dilakukan dengan analisis korelasi product moment dengan Variabel X adalah pola asuh orang tua demokratis dan Variabel Y adalah kedisiplinan siswa. Hasil penelitian dengan mengunakan analisis korelasi product moment menunjukkan bahwa nilai r hitung = 0,825, hasil ini menunjukkan bahwa semakin tinggi pola asuh orang tua demokratis yang diberikan orang tua maka tingkat kedisiplinan anak juga semakin tinggi. Berada pada arah yang positif, sedangkan uji signifikansi koefesien korelasi menunjukkan bahwa r tabel pada taraf signifikansi 1 % sebesar 0.487. Hal ini dapat diketahui r hitung > r tabel pada taraf signifikansi 1 %. Jadi terdapat hubungan yang sangat signifikan antara pola asuh orang tua demokratis dengan tingkat kedisiplinan siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Saronggi Sumenep Tahun Pelajaran 2014-2015. Saran dalam penulisan skripsi ini saya tujukan kepada pengelola pendidikan menengah khususnya SMP agar memberikan masukan di dalam memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan siswa. Untuk para orang tua hendaklah menyadari bahwa keluarga merupakan lembaga pertama dalam kehidupan anak. Untuk para siswa janganlah merasa takut untuk berkomunikasi, baik dengan orang tua maupun guru, ungkapkanlah masalah dan perasaan anda. 
Institution Info

STKIP PGRI Sumenep