DETAIL DOCUMENT
Hubungan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sumenep.
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sumenep
Author
FAIZAL, ARDHI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-05-21 06:47:12 
Abstract :
ABSTRAK FAIZAL ARDHI. 2014. Hubungan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sumenep. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bimbingan Dan Konseling, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (STKIP PGRI) Sumenep, Kata kunci : Kebiasaan Belajar dan Hasil Belajar Kebiasaan belajar merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Kebiasaan belajar yang baik berarti membiasakan diri melakukan proses belajar yang tepat. Dan hasil belajar diperoleh melalui usaha (pengalaman) sehingga terjadi perubahan untuk membentuk kecakapan, kebiasaan, sikap, pengertian, penguasaan dan penghargaan dalam individu yang belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang siginifikan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dua variabel yaitu kebiasaan belajar (variabel bebas) dan hasil belajar (variabel terikat). Masing-masing variabel tersebut akan diuji untuk membuktikan adanya hubungan antara kebiasaan belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sumenep. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sumenep yang berjumlah 60 siswa. Karena populasi dalam penelitian ini kurang dari 100, maka sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi yang berjumlah 60 siswa. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan angket tertutup. Sedangkan untuk analisis data menggunakan uji korelasi dengan program SPSS versi 16.0 for windows. Proses pengolahan dan penyajian data menggunakan tabulasi data dengan program SPSS versi 16.0 guna mengetahui nilai korelasi variabel. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung 0,286 dengan angka signifikan 0,014 dan r tabel 0,254 pada taraf siginifikan 0,05. Berdasarkan data yang diperoleh r hitung 0,286 > r tabel 0,254, maka hipotesis diterima dengan besarnya hubungan 8,2%.. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sumenep 
Institution Info

STKIP PGRI Sumenep