DETAIL DOCUMENT
Korelasi Antara Perhatian Orang Tua Dengan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas Viii-6 Smp Negeri 2 Sumenep Tahun Pelajaran 2013/2014
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sumenep
Author
FIKI, BASTIAR
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-05-09 08:00:24 
Abstract :
ABSTRAK FIKI BASTIAR. Korelasi Antara Perhatian Orang Tua Dengan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas Viii-6 Smp Negeri 2 Sumenep Tahun Pelajaran 2013/2014, Skripsi, BK, STKIP PGRI Sumenep, 2013. Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Motivasi Berprestasi Siswa Perhatian dari orang tua sebagai lingkungan utama, pertama dan paling dekat dengan anak menjadi hal terpenting. Pemahaman dan bantuan orang tua menjadi sangat berarti bagi anak guna mengarahkan kehidupan pada saat proses pembelajaran. Menurut Prof. Abdul Wahid (Tim Islamic online, 2006: 78) bahwa faktor orang tua mempunyai kedudukan paling utama dalam menentukan baik buruknya motivasi berprestasi seorang anak dibanding faktor-faktor yang lain. Faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi di bagi menjadi 2 aspek, pertama adalah aspek dalam diri atau individu siswa dan aspek kedua aspek diluar individu siswa. Kedua aspek tersebut tidak akan tercapai tanpa adanya perhatian orang tua, sebab perhatian orang tua yang membangkitkan faktor tersebut, awal melalui aspek internal. Metodologi penelitian merupakan suatu cara atau jalan yang harus dilalui untuk mengadakan penelitian secara ilmiah pada suatu masalah dalam pengetahuan. Pertama identivikasi variabel, kedua teknik dan pendekatan penelitian, ketiga tempat dan waktu penelitian, keempat populasi dan sampel, kelima instrumen penelitian dan teknik pengumpulan data. Dalam penelitian ini untuk mempermudah penganalisaan peneliti mengunakan SPSS for Windows ver 16.0. Dari hasil penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 2 Sumenep kelas VIII-6 tahun pelajaran 2013/2014, maka dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil penelitian analisis korelasi antara perhatian orang tua dan motivasi berprestasi siswa R = 0,190 ; F = 0,638 ; p = 0,436 lebih besar dari 0,05 maka H0 gagal ditolak. Dengan taraf kepercayaan 95 % data yang diperoleh tidak mendukung hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh antara perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII-6 SMA Negeri 2 Sumenep Tahun Pelajaran 2013/2014, adapun kriteria H0 ditolak jika p < 0,05. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa orang tua yang perhatian terhadap belajar anaknya sebanyak (22%), orang tua yang sering perhatian terhadap belajar anaknya sebanyak (27%), orang tua yang kadang-kadang perhatian terhadap belajar anaknya sebanyak (30%), dan orang tua yang tidak pernah perhatian terhadap belajar anaknya sebanyak (20%). Hasil penelitian dapat diketahui bahwa siswa yang memiliki motivasi berprestasi sangat baik sebanyak (25%), siswa yang memiliki motivasi berprestasi baik sebanyak (27,5%), siswa yang memiliki motivasi berprestasi kadang-kadang (dibawah cukup) sebanyak (30%), dan siswa yang tidak memiliki motivasi berprestasi sebanyak (17,5%). 
Institution Info

STKIP PGRI Sumenep