DETAIL DOCUMENT
Perbedaan Perkembangan Emosi Siswa Ditinjau Dari Jenjang Pendidikan Orang Tua Di Ra. Raudlatul Iman Pinggirpapas, Sumenep Tahun Pelajaran 2013-2014
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sumenep
Author
HESTI, RETNOSARI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-05-21 03:10:15 
Abstract :
ABSTRAK HESTI RETNOSARI : PERBEDAAN PERKEMBANGAN EMOSI SISWA DITINJAU DARI JENJANG PENDIDIKAN ORANG TUA DI RA. RAUDLATUL IMAN PINGGIRPAPAS, SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2013-2014 Kata Kunci: Perkembangan, Emosi, Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan perkembangan emosi siswa ditinjau dari jenjang pendidikan orang tua di RA. Raudlatul Iman Pinggirpapas, Sumenep dan untuk mengetahui besarnya perbedaan perkembangan emosi siswa ditinjau dari jenjang pendidikan orang tua di RA. Raudlatul Iman Pinggirpapas, Sumenep tahun pelajaran 2013-2014. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif komparasional karena banyak menggunakan angka mulai dari pengumpulan data dan penafsiran datanya. Dalam penelitian ini dapat dibedakan antara variabel penyebab (X) dan variabel akibat (Y) : variabel X1 adalah pendidikan dasar, Variabel X2 adalah pendidikan menengah dan variabel Y adalah perkembangan emosi. Dalam penelitian ini, sampel diambil secara keseluruhan karena < 100 yaitu 43 sampel, siswa yang orang tuanya berjenjang pendidikan dasar (28 orang) dan siswa yang orang tuanya berjenjang pendidikan menengah (15 orang). Instrumen pengumpulan data untuk pendidikan terakhir orang tua menggunakan Dokumentasi dan instrumen pengumpulan data untuk perkembangan emosi menggunakan skala perkembangan emosi dengan metode observasi. Berdasarkan hasil analisa dapat diketahui bahwa ada perbedaan perbedaan perkembangan emosi siswa ditinjau dari jenjang pendidikan orang tua di RA. Raudlatul Iman Pinggirpapas, Sumenep yaitu skor rata-rata siswa yang orang tuanya berjenjang pendidikan dasar sebesar 23.00 dengan interpretasi perkembangan emosi ?kurang baik? dan skor rata-rata siswa yang orang tuanya berjenjang pendidikan menengah sebesar 52.73 dengan interpretasi perkembangan emosi ?baik?. Berdasarkan keputusan diketahui bahwa nilai t-hitung (18,826) > t-tabel (0,308), sehingga hipotesis yang menyatakan ?ada perbedaan perbedaan perkembangan emosi siswa ditinjau dari jenjang pendidikan orang tua? diterima. 
Institution Info

STKIP PGRI Sumenep