DETAIL DOCUMENT
METODE PEMBELAJARAN SENI KARAWITAN PADA ANAK DISABILITAS TUNANETRA DI YAYASAN ANAK BUTA SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta
Author
SINGGIH, PINGKY WIDIANTO
Subject
675 - Seni Karawitan 
Datestamp
2024-05-21 09:34:57 
Abstract :
Seni Karawitan dengan penyandang Tunanetra merupakan hal yang seharusnya diapresiasi dalam bentuk apapun. peneliti mencoba menggali bagaimana atau metode yang diberikan dalam pemahaman anak Tunanetra yang terdapat di Yayasan Pendidikan Anak Buta (YPAB) Surabaya dalam pembelajaran seni karawitan secara mendetail penelitian ini meggunakan metode penelitian kualitatif analisis deskriptif. artinya, penelitian ini menggunakan sumber data yang terdapat di lapangan melalui pengamatan dari aspek suatu peristiwa yang terdapat pada objek penelitian. Keterbatasan siswa yang tidak dapat melihat memiliki treatment khusus dalam pembelajaran, dari proses pembelajaran yang telah dilakukan di Yayasan Pendidikan Anak Buta Surabaya, peneliti menemukan 5 metode yang dilaksanakan sebagai prinsip dalam mengukur pemahaman praktik memainkan gamelan pada anak penyandang tunanetra. Adapun metode yang diberikan pada pembelajaran seni Karawitan yakni Meotode Naratif, metode Demonstrasi, metode Jigsaw Drill, dan metode Evaluatif Demonstrasi.Penerapan metode memiliki kekhusuan tersendiri seperti halnya metode narasi dan demonstrasi. Kekhususuan dalam penerapan metode narasi jyang diberikan oleh guru yakni dengan menambhkan pengenalan notasi. Notasi yang diberikan bukan notasi Kepatihan melainkan notasi Brille. Notasi Brille merupakan penulisan huruf maupun angka yang digunakan oleh penderita tunanetra yang kemudian diimplementasikan berupa notasi pada anstrument Karawitan. Kekhususan metode demonstrasi yang dilakukan dengan cara merabakan instrument Karawitan sebagai pengenalan serta sebagai pendekatan ruang pada instrument. Hal ini dilakukan karena dari setiap instrument memiliki skala yang berbeda antara instrument satu dengan lainnya, sehingga dengan pendekatan ruang tersebut siswa diharapkan tidak salah menabuh wilah nada yang tidak seharusnya ditabuh. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta