Institusion
Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta
Author
PUTRI WAYAN, AULIA NATASYA
Subject
683 - Antropologi Tari
Datestamp
2024-07-22 07:11:22
Abstract :
ABSTRAK
Penelitian berjudul Kajian Koreografi Tari Genjongan Dalam
Pertunjukkan Jaranan Pogogan Dusun Jimbir, Desa Sugihwaras, Kecamatan
Prambon, Kabupaten Nganjuk (Koreografer Eko Kadiyono) berusaha
mendeskripsikan tari Genjongan pada aspek koreografi. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif yaitu menguraikan hasil analisis terhadap data
data penelitian dijelaskan dalam bentuk uraian kata-kata. Metode yang digunakan
adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menulusuri data yang
diperlukan untuk menjawab pertanyaan bagaimanakah garap koreografi tari
Genjongan dalam pertunjukkan Jaranan Pogogan Dusun Jimbir, Desa Sugihwaras,
Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk.
Setelah dilakukan analisis terhadap bentuk dan struktur serta komponen
pada tari Genjongan dapat diketahui perihal : unsure-unsur koreografi tari
Genjongan meliputi : teknik koreografi, teknik medium, teknik instrument dan
teknik isi. Adapun prinsip-prinsip koreografi yang diterapkan pada tari Genjongan
meliputi : rangkaian, variasi, repetisi, transisi, dan keutuhan. Sedangkan
perbandingan dan klimaks tidak terimplementasi didalam tari Genjongan. Tari
Genjongan menggunakan komponen-komponen meliputi penari, pengrawit, dan
penonton sebagai penunjang pertunjukkan dan eksistensi pertunjukkan tari
Genjongan.
Kata Kunci : tari genjongan, koreografi, kesenian jaranan pogogan
ABSTRACT
The research entitled Study of the Choreography of the Genjongan Dance
in the Jaranan Pogogan Performance in Jimbir Hamlet, Sugihwaras Village,
Prambon District, Nganjuk Regency (Choreographer Eko Kadiyono) attempts to
describe the Genjongan dance from the choreographic aspect. This research uses
a qualitative method, namely describing the results of analysis of research data
explained in the form of verbal descriptions. The methods used are observation,
interviews and documentation. To explore the data needed to answer the question
of how to work on the Genjongan dance choreography in the Jaranan Pogogan
performance, Jimbir Hamlet, Sugihwaras Village, Prambon District, Nganjuk
Regency.
After analyzing the form, structure and components of the Genjongan
dance, we can find out about: elements of Genjongan dance choreography
including: choreography technique, medium technique, instrument technique and
content technique. The choreographic principles applied to the Genjongan dance
include: sequence, variation, repetition, transition and wholeness. Meanwhile,
comparison and climax are not implemented in the Genjongan dance. The
Genjongan dance uses components including dancers, performers and the
audience to support the performance and existence of the Genjongan dance
performance.
Keywords : Genjongan dance, Choreography, Jaranan Pogogan Art