DETAIL DOCUMENT
PERAN MEDIA PROMOSI INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS DI PT. FRES INDONESIA WISATA BANDUNG
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
Sarah, Jasmine Salsabila
Subject
HF5410-5417.5 Marketing, Distribution of Product 
Datestamp
2022-11-24 08:26:18 
Abstract :
Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat media sosial khususnya Instagram menjadi media promosi sekaligus untuk meningkatkan brand awareness oleh para pelaku usaha, khususnya di Tour and Travel. PT. Fres Indonesia Wisata merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perjalanan, yang menggunakan Instagram sebagai media promosi utama untuk memasarkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peranan media promosi Instagram dalam membangun brand awareness. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan alat kumpul data berupa kuisoner dan didukung dengan data wawancara. Penentuan sampel dengan menggunakan teknik probability sampling dengan ketentuan sampel adalah followers dari akun Instagram Frestour and Travel. Variabel X pada penelitian ini adalah media promosi Instagram yang terdiri dari 5 dimensi yaitu ( attention, interest, search, action dan share) dan variabel Y adalah brand awareness yang terdiri dari 4 dimensi yaitu (unaware of brand, brand recognition, brand recall, dan top of mind). Hasil dari penilaian media promosi Instagram sudah baik. Terdapat tiga dimensi yang dinilai sudah baik dan dua dimensi mendapat cukup baik. Untuk hasil penilaian brand awareness PT. Fres Indonesia Wisata masih berada di tingkatan unaware of brand dan untuk mengetahui peranan media promosi dalam membangun brand awareness digunakan teknik analisis korelasi rank spearman, dibantu dengan sistem SPSS 26. Hasil yang diperoleh adalah bahwa media promosi Instagram memiliki hubungan kuat dan searah terhadap brand awareness dengan korelasi sebesar 0.643. Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Brand Awareness, Media Sosial Instagram. 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung