DETAIL DOCUMENT
PENGALAMAN PENGUNJUNG PADA VIRTUAL FESTIVAL DJAKARTA WAREHOUSE PROJECT 2020
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
Vianca, Agustiana Estikaputri
Subject
GV182-182.5 Recreational Areas and Facilities 
Datestamp
2022-11-24 07:51:51 
Abstract :
Pengalaman pengunjung di sebuah event dapat diartikan sebagai interaksi yang terjadi antara individu dengan lingkungan event yang sedang dihadiri. Keluaran dari sebuah pengalaman pengunjung adalah pengalaman yang baik atau buruk. Sehingga pihak penyelenggara acara wajib menghadirkan pengalaman yang spesial bagi para pengunjung. Pada penelitian ini, penulis membahas tentang pengalaman pengunjung pada virtual festival Djakarta Warehouse Project 2020. Dalam mengukur kualitas festival, penulis menggunakan teori yang dibuat oleh Shu Cole dkk (2009) yaitu mengukur pengalaman pengunjung di suatu festival dilihat dari aspek programs, entertainment, dan amenities. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menilai bagaimana pengalaman pengunjung yang hadir pada virtual festival Djakarta Warehouse Project 2020. Teknik sampling yang digunakan yaitu non-probability sampling dengan metode pengumpulan data yaitu penyebaran kuesioner kepada 110 responden. Dalam melakukan analisis, penulis menggunakan statistik deskriptif dengan menggunakan garis kontinum. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pengalaman pengunjung yang cukup baik dalam menghadiri virtual festival Djakarta Warehouse Project 2020. Hal ini ditinjau berdasarkan dari perolehan nilai yang diberikan oleh pengunjung pada pernyataan di dalam kuesioner. Penulis memberikan rekomendasi kepada Ismaya Live selaku pihak penyelenggara acara yang diharapkan dapat menjadi input untuk event Djakarta Warehouse Project selanjutnya. Kata kunci : Pengalaman Pengunjung, Special Event, Virtual, Festival. 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung