DETAIL DOCUMENT
ANALISIS SEGMENTASI PASAR PENGGUNA WEBSITE DI DJAVA VISTA TOURS TRAVEL BANDUNG
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
Shellen, Lycelia Suarna Putri
Subject
HF5410-5417.5 Marketing, Distribution of Product 
Datestamp
2022-12-01 00:59:10 
Abstract :
Dalam pemasaran tidak semua konsumen memiliki keinginan dan kebutuhan yang sama, maka dari itu perusahaan harus membagi pasar yang heterogen menjadi beberapa kelompok atau disebut dengan segmentasi pasar. Segmentasi pasar dibutuhkan agar memudahkan perusahaan dalam menentukan siapa saja calon konsumen yang cocok dengan produk yang mereka miliki. Djava Vista Tours Travel merupakan salah satu travel agent di Bandung yang menggunakan website dalam menarik konsumen, Djava Vista Tours Travel pun tidak menggunakan media cetak maupun media massa dalam memasarkan produknya. Hal ini membuat Djava Vista Tours Travel belum mengetahui segmentasi pasar yang sesuai untuk produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu segmentasi pasar yang sesuai bagi Djava Vista Tours Travel dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan skala likert dengan 4 nilai. Metode ini menggunakan angka sebagai data penelitian dan analisis menggunakan statistik. Hasil dari penelitian ini telah didapatkan segmentasi pasar dari segi geografis, demografis, psikografis dan perilaku yang sesuai dengan keinginan para responden. Segmentasi pasar pengguna website berdasarkan geografis di Djava Vista Tours Travel telah didapat bahwa responden terbanyak berasal dari Kota Bandung, Jakarta, dan Solo. Berdasarkan demografis dari segi usia, responden lebih banyak memiliki kisaran usia 18 hingga 25 tahun, dari segi jenis kelamin responden lebih didominasi oleh laki-laki, dari segi pendidikan terakhir, responden lebih banyak memiliki pendidikan terakhir D-IV atau S-1, lalu berdasarkan segi pekerjaan, responden lebih dominan bekerja sebagai pegawai swasta, kemudian dari segi penghasilan, responden lebih banyak memiliki pendapatan berkisar Rp. 5.000.000 hingga Rp. 10.000.000 per bulannya. Lalu untuk segi psikografis terbagi menjadi 3 bagian yaitu kepribadian, kelas sosial dan gaya hidup. Adapun berdasarkan perilaku yang menunjukkan manfaat yang dicari oleh responden, status pengguna, tahap kesiapan pembeli, tingkat pemakaian, dan loyalitas konsumen. Rekomendasi yang disarankan oleh peneliti adalah Djava Vista dapat mengembangkan sayap, memanfaatkan dan mengoptimalkan peran website untuk menjangkau kota besar, kemudian membuat sistem pemasaran secara offline untuk menjangkau segmen yang tidak menggunakan internet dan bekerjasama dengan instansi pemerintah atau perusahaan, lalu Djava Vista juga dapat memanfaatkan momen festival daerah, bekerjasama dengan tempat wisata, dan membuat penawaran kualitas produk yang lebih beragam. Kata kunci : Segmentasi Pasar, Website, Djava Vista Tours Travel. 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung