DETAIL DOCUMENT
EXPERIENCE ECONOMY DALAM PENGALAMAN PESERTA EVENT SABILULUMPAT COLOR RUN DI KABUPATEN BANDUNG
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
Brainnanda, Kevin Christanta
Subject
HC Economic History and Conditions 
Datestamp
2022-11-28 07:33:08 
Abstract :
Sabilulumpat Color Run merupakan salah satu event besar yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung. Disparbud berkeinginan untuk mengembangkan Sabilulumpat Color Run menjadi event akbar yang sesuai selera banyak orang yang didasarkan pengalaman para peserta. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mngetahui pengalaman peserta yang berpartisipasi dalam event Sabilulumpat Color Run dengan menggunakan Experience Economy yang terdiri dari empat faktor, yakni entertainment, esthetic, education, dan escapist. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan objek penelitian adalah peserta Sabilulumpat Color Run 2019 dengan jumlah sampel sebanyak 350 orang. Teknik analisis yang digunakan yakni analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya mayoritas peserta yang berpartisipasi dalam Sabilulumpat Color Run adalah orang-orang berusia 17 ? 23 tahun berjenis kelamin laki-laki dengan pendidikan SD/SMP/SMA. Sebagian besar peserta berdomisili di Kabupaten Bandung dengan profesi yang didominasi oleh pelajar/mahasiswa. Secara keseluruhan peserta Sabilulumpat mendapatkan pengalaman yang baik ditinjau dari faktor entertainment, esthetic, education, dan escapist. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan sekaligus evaluasi bagi Disparbud Kabupaten Bandung selaku penyelenggara untuk mengembangkan aktivitas pengalaman yang sesuai dengan selera peserta di masa depan dan menciptakan pengalaman yang berkualitas bagi para pesertanya. Kata Kunci : Entertainment, Esthetic, Education, Escapist, Sabilulumpat Color Run, Pengalaman. 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung