DETAIL DOCUMENT
KUALITAS PELAYANAN DI LERENG ANTENG PANORAMIC COFFEE PLACE
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
R. Nur, Muhammad Ardian
Subject
HD28 Management. Industrial Management 
Datestamp
2022-11-29 07:52:02 
Abstract :
Kafe merupakan salah satu bisnis kuliner yang tidak bisa terlepas dari aspek pelayanan maupun jasa. Maka dari itu, kafe dipaksa agar bisa menyediakan pelayanan dengan bagus untuk membuat pelanggan puas, lalu pada akhirnya akan berimbas pada pencapaian profit perusahaan. Kualitas pelayanan di kafe tersebut harus juga memenuhi ekspektasi para pelanggannya agar tamu yang berkunjung dapat merasakan kenyamanan dan terpenuhi kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan di Lereng Anteng Panoramic Coffee Place. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh Lereng Anteng Panoramic Coffee Place dengan meneliti lima dimensi kualitas pelayanan yaitu tangible, responsiveness, reliability, assurance dan empathy. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan kuesioner yang disebar kepada 100 responden yang sedang berkunjung sebagai sampel, teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan dari 100 responden, diketahui analisis kualitas pelayanan di Lereng Anteng Panoramic Coffee Place dari lima aspek dimensi menunjukkan hasil yang baik karena dari kelima aspek tersebut berada pada kategori baik dengan aspek tangibles 3.5978 (71,96%), responsiveness 3.4140 (68,28%), reliability 3.5536 (71,07%), assurance 3.6600 atau (73,2%) dan empathy 3.4334 (68,67%). Namun masih harus dilakukan perbaikan berdasarkan analisis deskriptif yang ada pada control chart karena masih ada 15 indikator yang perlu ditingkatkan karena berada di bawah garis rata-rata. Kesimpulan dari hasil penelitian memperlihatkan bahwa kualitas pelayanan di Lereng Anteng Panoramic Coffee Place berada pada kategori baik. Meskipun kualitas pelayanan sudah dalam kategori baik, Lereng Anteng Panoramic Coffee Place masih membutuhkan perbaikan di beberapa indikator yang memiliki nilai di bawah rata-rata. Kata Kunci : Kafe, Kualitas, Pelayanan, Dimensi 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung