DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KERETA API ARGO PARAHYANGAN
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
Muhammad, Arifian Pratama
Subject
HE Transportation and Communications 
Datestamp
2022-11-30 06:30:13 
Abstract :
Kereta api Argo Parahyangan merupakan salah satu transportasi favorit yang digunakan masyarakat Bandung dan Jakarta untuk berpergian, namun sekarang jumlah pengguna kereta api Argo Parahyangan menurun. Salah satu faktor penyebab menurunnya penumpang kereta api Argo Parahyangan disebabkan oleh kualitas pelayanan sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan kereta api Argo Parahyangan kelas eksekutif rute Jakarta ? Bandung pulang ? pergi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Anggota sampel adalah wisatawan yang menggunakan Argo Parahyangan kelas eksekutif rute Jakarta ? Bandung pulang ? pergi yang berjumlah 100 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan yang terdiri dari 5 dimensi termasuk dalam kategori sangat baik dengan presentase skor 88,32%, kemudian kepuasan pelanggan termasuk dalam kategori sangat puas dengan presentase skor 83,5%, dan terdapat pengaruh kualitas pelayanan secara siginifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan kereta api Argo Parahyangan dengan presentase skor 59%. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Kereta Api Argo Parahyangan 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung