DETAIL DOCUMENT
STRATEGI BERSAING DI THE JAYAKARTA SUITES BANDUNG
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
Naufal, Wijaya
Subject
HF5410-5417.5 Marketing, Distribution of Product 
Datestamp
2022-11-17 05:56:18 
Abstract :
Manajemen strategis didefinisikan sebagai susunan atau rangkaian keputusan pada tingkat manajerial dan kegiatan yang memiliki arah pada penentuan keberhasilan bagi sebuah perusahaan dalam jangka waktu yang cenderung panjang. Dalam penerapannya, manajemen strategis terdiri atas kombinasi dari tindakan dan pengambilan keputusan yang menciptakan perencanaan dan implementasi yang dilakukan dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan, khususnya pada persaingan bisnis. Dalam persaingan bisnis, terdapat istilah yang disebut sebagai strategi bersaing, yaitu penelusuran atas posisi pada persaingan bisnis yang memberikan keuntungan pada perusahaan ketika perusahaan tersebut berhasil mencapai posisi yang dituju. Penelitian ini diselenggarakan di The Jayakarta Suites Bandung yang merupakan salah satu hotel bintang 4 di Kota Bandung yang telah berdiri selama lebih dari 28 tahun dan masih relevan pada persaingan bisnis industri perhotelan, meskipun jumlah kompetitor mengalami peningkatan seiring dengan berjalannya waktu. Pendekatan metode kualitatif diaplikasikan pada penelitian ini dengan melakukan studi dokumentasi dan wawancara untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas. Penerapan strategi bersaing di The Jayakarta Suites Bandung berlangsung dengan optimal hingga saat ini, dibuktikan dengan manajemen tidak melakukan penutupan hotel sama sekali maupun melakukan pengurangan jumlah karyawan selama masa pandemi COVID-19, di mana masa pandemi merupakan masa yang sulit bagi seluruh kalangan di seluruh dunia, namun The Jayakarta Suites Bandung tetap bertahan dan beroperasi hingga sekarang. Kata kunci: Manajemen strategis, strategi, strategi bersaing, perencanaan strategi, implementasi strategi. 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung