DETAIL DOCUMENT
TINGKAT KEPUASAN WISATAWAN TERHADAP INTERPRETASI NON-PERSONAL DI GALERI NASIONAL INDONESIA, JAKARTA
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
Prita, Aziziya
Subject
HD28 Management. Industrial Management 
Datestamp
2022-11-17 08:06:20 
Abstract :
Galeri Nasional Indonesia ialah salah satu destinasi wisata museum di DKI Jakarta yang menyajikan karya seni seniman Indonesia maupun internasional dengan aliran modern kotemporer. Dalam menampilkan karya seninya, Galeri Nasional Indonesia menggunakan Interpretasi Non-Personal untuk membantu menafsirkan makna karya seni. Jumlah kunjungan wisatawan Galeri Nasional Indonesia meningkat setiap tahunnya, namun terdapat beberapa keluhan seperti kemudahan membaca informasi yang menarik serta kemenarikan desain pada panel dapat mempengaruhi kepuasan wisatawan. Dengan menggunakan dimensi Panel, Label, Audio, Signage, Multimedia (DVD/Audio, Computer, Touchscreen, 3D) dan Importance-Performance Analysis (IPA) serta Customer Satisfaction Index (CSI), penelitian kuantitatif ini mendapatkan 150 responden dengan membagikan kuesioner kepada wisatawan yang pernah berkunjung ke Galeri Nasional Indonesia. Dari 13 atribut yang dianalisis, wisatawan sudah merasa puas. Namun, terdapat beberapa prioritas tertinggi pada atribut untuk ditingkatkan dalam hal peningkatan kepuasan pengunjung: penggunaan bahasa yang sederhana, daya tarik informasi dan desain yang ditampilkan melalui panel, dan penggunaan multimedia. Kata Kunci: Interpretasi Non-Personal, Kepuasan Wisatawan, Galeri Nasional Indonesia 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung