DETAIL DOCUMENT
OPTIMALISASI INSTAGRAM MARKETING DESA WISATA PANDANREJO
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
Athiya, Nafiah Oktafiyanti
Subject
HF5410-5417.5 Marketing, Distribution of Product 
Datestamp
2022-11-16 02:48:36 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalisasi pemasaran melalui instagram Desa Wisata Pandanrejo yang menggunakan 4 fokus utama untuk mencapai target tersebut menurut Aliza Sherman dan Danielle Elliott Smith (2013:85-104) yaitu setting realistic goals up front, paying attention to demonstrate presence, establishing a presence process, dan setting a schedule. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Teknik penelitian yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Wawancara pada penelitian ini dilakukan kepada Ketua Pengelola Desa Wisata Pandanrejo, admin instagram Desa Wisata Pandanrejo, dan pengunjung Desa Wisata Pandanrejo. Observasi pada penelitian ini dilakukan pada akun instagram Desa Wisata Pandanrejo dengan melihat insight yang dimiliki dan menggunakan alat analisis performa instagram yaitu iconosquare dan popsters.us. Hasil data yang diperoleh di uji keabsahannya menggunakan teknik triangulasi sumber dan analisis dilakukan menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil yaitu Desa Wisata Pandanrejo menjadikan instagram sebagai media utama dalam melakukan kegiatan pemasaran dan memiliki divisi khusus dalam mengelola media sosial yaitu Divisi Pandan Kreator tetapi pengelolaan yang terjadi masih belum optimal karena belum adanya pembagian admin untuk masing-masing tugas pada pengelolaan instagram Desa Wisata Pandanrejo serta instagram Desa Wisata Pandanrejo belum memiliki timeline sebagai acuan pembuatan konten. Pengelolaan instagram Desa Wisata Pandanrejo yang belum optimal dapat dilihat melalui perbandingan performa instagram Desa Wisata Pandanrejo dengan kompetitornya yang masih belum unggul pada kategori total posts, total likes, dan total comments. Konten yang menjadi ekspektasi audiens adalah konten berupa foto dan video. Penelitian ini menghasilkan rekomendasi mengenai rencana pengelolaan instagram berupa timeline untuk feeds dan stories serta konten rekomendasi agar interaksi pada instagram Desa Wisata Pandanrejo meningkat dan mengoptimalisasi engagement instagram Desa Wisata Pandanrejo. Kata Kunci : Optimalisasi, Instagram Marketing, Desa Wisata Pandanrejo. 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung