DETAIL DOCUMENT
DAYA SAING DESTINASI PARIWISATA SURABAYA BERDASARKAN PENILAIAN WISATAWAN
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
ILA, HUDA PUSPITA DEWI
Subject
HF5410-5417.5 Marketing, Distribution of Product 
Datestamp
2022-11-29 07:08:38 
Abstract :
Penelitian ini bermaksud untuk mendalami dan menganalisis daya saing destinasi pariwisata Kota Surabaya berdasarkan penilaian wisatawan melalui pendekatan model terintegrasi Dwyer and Kim pada tingkat regional. Guna menilai daya saing industri pariwisata dapat menggunakan parameter daya saing dengan menerapkan enam komponen utama diantaranya sumber daya yang diwariskan (alam dan kebudayaan), sumber daya yang diciptakan, faktor pendukung, faktor situasi kondisional, faktor permintaan dan faktor manajemen destinasi yang selanjutnya dijabarkan ke dalam 69 indikator daya saing. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan informasi penelitian dikumpulkan dari 345 responden dengan menggunakan kuesioner. Informasi yang terhimpun selanjutnya diproses melalui analisis faktor. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penilaian wisatawan terhadap enam komponen daya saing destinasi Kota Surabaya tergolong tinggi yaitu: (1) sumber daya yang diwariskan 3,34 atau cukup baik; (2) sumber daya yang diciptakan 3,67 atau baik; (3) faktor pendukung 3,91 atau baik; (4) faktor situasi kondisional 3,76 atau baik; (5) faktor permintaan 3,69 atau baik; dan (6) faktor manajemen destinasi 3,19 atau cukup baik. Sedangkan berdasarkan hasil uji analisis faktor dari enam komponen utama model terintegrasi Dywer dan Kim terbentuklah 3 faktor baru yaitu (1) suprastructure supporting; (2) destination management and attraction; dan (3) destination efficiency (value). Kata kunci: daya saing destinasi, penilaian wisatawan, model terintegrasi Dwyer and Kim, analisis faktor. 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung