DETAIL DOCUMENT
STRATEGI KOMPETITIF DI HARD ROCK CAFÉ PACIFIC PLACE JAKARTA (Studi Kasus Manajemen Strategis pada Masa Pandemi COVID-19)
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
Turedo, Naro Ayrton
Subject
HF5410-5417.5 Marketing, Distribution of Product 
Datestamp
2022-11-21 05:18:25 
Abstract :
Strategi merupakan suatu instrumen pembantu dalam menjalankan bisnis dan dilalui oleh suatu bentuk manajemen yaitu manajemen strategis. Salah satu bentuk strategi yang diterapkan di suatu bisnis adalah strategi kompetitif, yang diformulasikan dengan tujuan meraih keunggulan dalam berkompetisi dengan pesaing industri yang eksis. Fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perumusan dan implementasi dari strategi kompetitif di Hard Rock Cafe? Pacific Place Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi kasus sebagai metode pendekatan data, dan wawancara sebagai alat pengumpulan data. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan matriks TOWS dan menghasilkan perumusan strategi kompetitif. Hasil penelitian menghasilkan berupa pembahasan mengenai perumusan strategi kompetitif Hard Rock Cafe? Jakarta, strategi generik diferensiasi dan fokus dari Hard Rock Cafe? Jakarta, serta bentuk implementasi berupa strategi bertahan pada masa pandemi COVID-19. Pandemi COVID-19 membuat Hard Rock Cafe? Jakarta memfokuskan strateginya pada strategi untuk tetap bertahan dalam masa pandemi. Simpulan menunjukan bahwa strategi bertahan adalah salah satu bentuk implementasi dari strategi kompetitif. Peneliti memberikan rekomendasi strategi untuk Hard Rock Cafe? Jakarta dalam bentuk perumusan melalui matriks TOWS, dengan bentuk pemanfaatan kekuatan internal untuk menanggapi peluang dan ancaman, serta perbaikan kelamahan untuk memanfaatkan dan bertahan apabila terdapat peluang dan ancaman. Kata kunci: Strategi, Keunggulan Kompetitif, Strategi Generik, Implementasi, Pandemi COVID-19. 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung