DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN JEMAAH UMRAH DI ESQ TOURS & TRAVEL
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
Ilham, Mustofa
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2022-12-16 02:30:43 
Abstract :
ABSTRAK Indonesia adalah salah satu negara dengan penduduk dengan mayoritas Islam terbanyak di dunia. Kualitas pelayanan sangatlah penting untuk diketahui dan diterapkan oleh semua perusahaan perjalanan wisata agar kedepannya para jemaah yang menggunakan jasa dan produk yang ditawarkan oleh perusahaan dapat dinilai dengan baik sehingga jemaah akan menggunakan layanan jasa dan itu kembali dan dapat menjadi nilai tambah bagi perusahaan karena perusahaan mempunyai peluang untuk mendapatkan reputasi yang baik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meninjau kualitas pelayanan, kepuasan jemaah, serta melihat adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan jemaah umrah di ESQ Tours & Travel. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan alat kumpul data berupa angket atau kuesioner. Penyebaran kuesioner diberikan kepada sampel sebanyak 92 dari total 119 peserta yang mengikuti ibadah umrah di periode Maret - Mei 2022 , dengan metode simple random sampling. Variabel X yaitu Kualitas Pelayanan memiliki lima dimensi dan Variabel Y yaitu Kepuasan Jemaah memiliki enam dimensi, dimana seluruh item pernyataan sudah valid dan reliabel. Dalam analisis data, digunakan uji regresi sederhana dan uji normalitas. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu kualitas pelayanan umrah di ESQ Tours & Travel termasuk dalam kategori baik hingga sangat baik dan kepuasan pelanggan yang mengikuti umrah di selenggarakan ESQ Tours & Travel juga berada dalam kategori sangat baik, sedangkan terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan jemaah yang mengikuti umrah secara parsial di mana nilai model regresi linier sederhana Kepuasan Jemaah Umrah = 3,471 + 0,219 sehingga Kualitas Pelayanan memberikan pengaruh terhadap variabel kepuasan jemaah umrah sebesar 0,530 yang berarti bahwa variabel independen secara bersama-sama menjelaskan variansi Y sebesar 53% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam model. Berdasarkan hasil tersebut, rekomendasi yang diberikan dalam penelitian ini yaitu pihak perusahaan dapat meningkatkan kualitas pelayanan khususnya dalam aspek dimensi bukti fisik, daya tanggap, dan empati. ABSTRACT Indonesia is one of the most populous countries with the most Islam in the world. The quality of service is important to be known and implemented by all travel companies so that in the future the pilgrims who use the services and products offered by the company can be assessed properly so that the congregation will use the service and it will return and can be an added value for the company because the company has the opportunity to get a good reputation. Therefore, this study aims to review the quality of service, and congregational satisfaction, and see the influence of service quality on the satisfaction of Umrah pilgrims at ESQ Tours & Travel. The research method used in this research is descriptive with a quantitative approach, using a data collection tool in the form of a questionnaire or questionnaire. Questionnaires were distributed to a sample of 92 out of a total of 119 participants who attended the Umrah service in the period March-May 2022, using a simple random sampling method. Variable X, namely Service Quality, has five dimensions and Variable Y, a namely Congregation, has six dimensions, where all statement items are valid and reliable. In data analysis, a simple regression test and normality test were used. The results obtained in this study are the quality of Umrah services at ESQ Tours & Travel is included in the good to very good category and customer satisfaction who attends Umrah organized by ESQ Tours & Travel is also in the very good category, while there is an influence of service quality on congregational satisfaction Partially following umrah where the value of the simple linear regression model for the Umrah Congregation = 3.471 + 0.219 so that the Quality of Service has an influence on the satisfaction variable of the Umrah pilgrims by 0.530 which means that the independent variables together explain the Y variance of 53% while the rest is explained by the variable others not included in the model. Results Based on this, the recommendations given in this study are that the company can improve service quality, especially in the aspects of physical evidence, responsiveness, and empathy. 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung