DETAIL DOCUMENT
MOTIVASI KUNJUNGAN WISATAWAN DI TAMAN HUTAN RAYA IR. H. DJUANDA
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
Monica, Trees Luntungan
Subject
GV1-1860 Recreation, Leisure and Tourism 
Datestamp
2022-11-30 05:46:05 
Abstract :
Perjalanan wisata menjadi salah satu hal yang diminati oleh semua orang dari bagian dunia manapun. Hal ini terjadi karena perubahan gaya hidup yang sangat cepat, sehingga perjalanan wisata dijadikan pilihan saat seseorang sudah jenuh dengan rutinitas yang padat dan monoton. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda sebagai salah satu daya tarik wisata di Kota Bandung mengalami penurunan jumlah kunjungan, yang mengindikasikan kurangnya motivasi dari wisatawan untuk mengunjungi daya Tarik wisata tersebut. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi wisatawan yang berkunjung ke TAHURA yang dibagi atas push and pull factors, sehingga pihak pengelola bisa mengetahui apa yang diharapkan oleh wisatawan dari sebuah daya tarik wisata. Dengan mengetahui hal tersebut, pihak pengelola bisa memotivasi wisatawan dengan mengembangkan hal-hal yang masih kurang dirasakan oleh wisatawan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data pembagian kuesioner dan wawancara. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik incidental sampling, dimana kuesioner dibagikan kepada wisatawan yang berkunjung ke TAHURA yang ditemui peneliti pada saat penelitian, berjumlah 157 responden. Sedangkan, wawancara dilakukan dengan pihak pengelola dan digunakan untuk mengumpulkan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa push maupun pull factors sudah baik, walaupun masih ada beberapa indikator yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan lagi. Diketahui pula bahwa melepaskan diri dari rutinitas yang padat adalah yang mendorong sebagian besar responden untuk melakukan kunjungan. Rekomendasi yang dihasilkan adalah untuk menyediakan beberapa fasilitas-fasilitas yang menunjang beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di TAHURA. Kata Kunci: Motivasi Kunjungan, Push Factors, Pull Factors 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung