DETAIL DOCUMENT
PELAYANAN INKLUSIF PEMERINTAH KOTA SEMARANG UNTUK WISATAWAN PENYANDANG DISABILITAS DI KOTA LAMA
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
Ayu, Syita Miladya
Subject
HD28 Management. Industrial Management 
Datestamp
2022-11-28 06:38:40 
Abstract :
Sebuah destinasi yang bisa dikatakan berhasil adalah destinasi yang bisa memberikan pelayanan yang layak bagi wisatawan. Maka dari itu, mendapatkan pelayanan yang layak merupakan hak bagi setiap individu termasuk penyandang disabilitas terutama dalam pariwisata. Kebutuhan khusus tersebut perlu dikembangkan ke dalam pelayanan yang menjadikan pariwisata ramah penyandang disabilitas. Hal ini bisa dicapai melalui aksesibilitas, fasilitas, dan transportasi yang layak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana upaya Pemerintah Kota Semarang dalam memberikan pelayanan bagi penyandang disabilitas di Kota Lama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan sampel yakni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang dan Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L). Berdasarkan hasil temuan data yang ditemukan, pihak-pihak yang ikut serta mengelola Kota Lama Semarang nyatanya perlu untuk menambahkan ataupun memperbaiki baik dari segi aksesibilitas, fasilitas ataupun transportasi sehingga wisatawan penyandang disabilitas dapat terpenuhi kebutuhannya. Kata kunci: Penyandang Disabilitas, Pelayanan Inklusif, Wisata Ramah Disabilitas 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung