DETAIL DOCUMENT
KREATIVITAS MASYARAKAT SEBAGAI POTENSI PRODUK WISATA DI KAMPUNG CIBUNUT KOTA BANDUNG
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
Ruby, Aulia Rachmasari
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2023-03-28 06:46:00 
Abstract :
Kampung Cibunut merupakan satu wilayah di Kota Bandung yang terkenal dengan kebiasaan hidup memilah sampah rumah tangga sebagai bentuk dukungan untuk mengurangi sampah. Kreativitas dan pengetahuan ini menjadi sebuah daya tarik yang mengundang pengunjung untuk datang ke Kampung Cibunut. Akan tetapi, Kampung Cibunut belum secara resmi menjadi sebuah daya tarik wisata. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menggali potensi produk wisata yang dimiliki oleh Kampung Cibunut dengan menggunakan teori The System Model of Creativity oleh Csikszentmihalyi (2014). Penelitian telah dilakukan dengan metode kualitatif pendekatan deskriptif dengan mengidentifikasi aspek dari The System Model of Creativity dan melakukan analisis dengan menggunakan SWOT untuk menghasilkan potensi untuk mengembangkan daya tarik wisata. Hasil dari penelitian ini adalah Terdapat 13 faktor kekuatan, 7 faktor kelemahan, 8 faktor peluang dan 5 faktor ancaman yang teridentifikasi sebagai potensi produk wisata di Kampung Cibunut. Kata Kunci: Kreativitas Masyarakat; Potensi Produk Wisata; Kampung Cibunut 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung