DETAIL DOCUMENT
BUKTI SERAH TERIMA DAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH TA, SKRIPSI DAN THESIS MAHASISWA DI REPOSITORY PPNHIB
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
Husnul, Khatimah Amin
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2023-04-17 02:20:43 
Abstract :
PT Dwidaya Tour&Travel Makassar merupakan salah satu cabang dari PT Dwidaya adalah Biro Perjalanan Wisata. PT Dwidaya Tour & Travel Makassar masih memiliki tanggapan yang kurang baik dari konsumen mengenai kualitas pelayanannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas pelayanan pada paket tour Turki PT Dwidaya Tour & Travel Makassar. Dalam penelitian ini, kualitas pelayanan diukur dengan menggunakan 5 dimensi kualitas pelayanan yaitu Tangible, Empathy, Reliability, Responsiveness, dan Assurance. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini berjumlah 297 orang, yang diperoleh dari jumlah konsumen paket Turki pada tahun 2019-2021. Sampel pada penelitian ini adalah 75 orang responden, dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner yang dibagikan secara online via Whattsapp selama bulan November 2022. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi yang mendapatkan nilai paling tinggi yaitu dimensi Tangible masuk ke dalam kategori ?Sangat Baik?, lalu dimensi Responsiveness masuk ke dalam kategori ?Sangat baik?, kemudian dimensi Reliability masuk kedalam kategori ?sangat baik?, lalu dimensi Empathy masuk dalam kategori ?Sangat baik?. Dan dimensi Assurance masuk ke dalam kategori ?Cukup Baik. Rekomendasi dari penelitian ini antara lain pada aspek Tangible, diharapkan agar itinerary paket wisata Turki ditinjau kembali, pada aspek Empathy menyampaikan informasi dokumen perjalanan dan juga bagasi kepada para konsumen, pada aspek Responsiveness mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM dan juga tour leader, serta pada aspek Assurance mengadakan evaluasi setelah tour dilaksanakan dan melakukan pelatihan khusus bahasa asing seperti bahasa Turki dan Inggris. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, TERRA, Paket wisata Turki 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung