DETAIL DOCUMENT
SEGMENTASI WISATAWAN NUSANTARA DI KAWASAN RANCABALI KABUPATEN BANDUNG
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
Revanni, Anggraini Prayitno
Subject
GV1-1860 Recreation, Leisure and Tourism 
Datestamp
2022-11-30 01:49:16 
Abstract :
Kawasan Rancabali merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi harapan bagi pemerintah Kabupaten Bandung dalam mendongkrak Pendapatan Asli Daerah. Maka, untuk memenangkan persaingan secara kompetitif langkah yang bisa diambil adalah dengan melakukan segmentasi. Segmentasi merupakan cara mengelompokkan wisatawan nusantara kedalam beberapa klaster sehingga setiap klaster tersebut memiliki karakteristik yang hampir sama. Segmentasi ini dilakukan berdasarkan commonsense dan data driven. Dalam pendekatannya menggunakan analisis kuantitatif deskriptif dengan analisis klaster k-means. Hasil yang didapatkan yaitu terdapat tiga klaster wisatawan nusantara di Kawasan Rancabali, diantaranya Lost Nature Tourist, Enthusiast Nature Tourist, dan Unexpected Nature Tourist. Kelompok wisatawan nusantara terbanyak ada pada kelompok Enthusiast Nature Tourist, sehingga kelompok tersebut dapat menjadi kelompok yang strategis untuk dijadikan target pasar. Namun demikian, kelompok yang lainnya pun masih dapat dimanfaatkan sebagai target pasar hanya saja pendekatannya yang berbeda. Kata Kunci: Segmentasi Wisatawan Nusantara, Persaingan Kompetitif, Commonsense Segmentation, Data-Driven Segmentation, Pemasaran Pariwisata 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung