DETAIL DOCUMENT
PENGARUH CITY BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN MILENIAL KE KOTA BANDUNG
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
Rindiani, Sephia
Subject
HF5410-5417.5 Marketing, Distribution of Product 
Datestamp
2022-11-30 02:40:22 
Abstract :
City branding merupakan tanda pengenal bagi sebuah kota yang menekankan pada upaya mengenalkan dan memasarkan kota agar menjadi tempat berkunjung, berbisnis, ataupun berinvestasi. Kota Bandung memiliki city branding yaitu Stunning Bandung. Berdasarkan konsep branding tersebut dapat ditujukan untuk menarik wisatawan, investor, maupun para stakeholder. Secara langsung ataupun tidak langsung city branding akan membentuk sebuah image pada kota tersebut. Image kota yang baik dapat berpengaruh untuk menambah kunjungan wisatawan. City branding memberikan dampak bagi wisatawan khususnya wisatawan milenial dalam mengambil keputusan untuk berkunjung ke suatu daerah obyek wisata. Sementara itu, wisatawan milenial adalah pasar utama bagi sektor pariwisata dan akan terus tumbuh dan menjadi pangsa pasar di masa depan. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari city branding terhadap keputusan berkunjung wisatawan milenial ke Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh wisatawan yang pernah mengunjungi Kota Bandung dan menggunakan teknik accidental sampling sebagai pengambilan sampel lalu diperoleh 101 sampel wisatawan milenials. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui pengaruh city branding yang terdiri dari enam dimensi yaitu potensi, tempat, kehadiran, masyarakat, dorongan, dan prasyarat terhadap keputusan berkunjung wisatawan milenial ke Kota Bandung. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa jika dinilai secara individual ada beberapa dimensi yang tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan milenial ke Kota Bandung, namun jika dinilai secara simultan adanya pengaruh yang positif dari city branding terhadap keputusan berkunjung wisatawan milenials ke Kota Bandung dengan skor sebesar 55,1%. Kata kunci: City Branding, Keputusan Berkunjung Wisatawan, Wisatawan Milenial, Kota Bandung 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung