DETAIL DOCUMENT
ATRIBUT DALAM PEMILIHAN TEMPAT PENIKAHAN DI BALKONDES TUKSONGO
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
Katherin, Savira Amelia
Subject
HF5410-5417.5 Marketing, Distribution of Product 
Datestamp
2022-12-01 02:25:19 
Abstract :
Perkembangan usaha bisnis pernikahan di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Aspek tempat atau lokasi pernikahan mengambil peran penting dalam terselenggaranya acara perayaan pernikahan. Namun masih sedikit penelitian yang memfokuskan pada perilaku konsumen, terlebih pada proses pengambilan keputusan dalam pemilihan tempat pernikahan. Penelitian ini berjudul ?Atribut dalam Pemilihan Tempat Pernikahan di Balkondes Tuksongo? yang bertujuan untuk mengetahui apa saja atribut yang berkontribusi dalam pemilihan tempat pernikahan di Balkondes Tuksongo. Penulis mengacu pada teori (Lau & Hui, 2010) yang mengidentifikasi atribut pemilihan tempat pernikahan menjadi dua yaitu, atribut tempat dan atribut personal. Penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan mempelajari seluruh unit populasi (sensus). Unit populasi dalam penelitian ini adalah pasangan pengantin yang telah merayakan pernikahan di Balkondes Tuksongo pada tahun 2019 yang berjumlah 24 responden. Data primer dalam penelitian ini berupa angket yang telah diisi oleh pasangan pengantin melalui google form yang telah dibagikan melalui whatsapp. Hasil dari penelitian ini adalah pada atribut tempat, aspek harga menjadi atribut yang paling penting dipertimbangkan oleh pasangan pengantin dalam pemilihan tempat pernikahan di Balkondes Tuksongo. Selanjutnya ada atribut Lokasi, Ketersediaan Tempat, Suasana dan Layanan. Sedangkan aspek fasilitas menjadi atribut yang paling terakhir untuk dipertimbangkan. Pada atribut personal, pengaruh intrinsik dinilai lebih penting dari pengaruh ekstrinsik dalam pemilihan tempat pernikahan di Balkondes Tuksongo. Kata Kunci: Atribut, Pernikahan, Tempat Pernikahan, Balkondes Tuksongo 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung