DETAIL DOCUMENT
DAYA TARIK BANDUNG RAYA SEBAGAI DESTINASI PAMERAN
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
Nabila, Putri Nursyabani
Subject
GV1-1860 Recreation, Leisure and Tourism 
Datestamp
2022-11-29 05:58:48 
Abstract :
Pameran merupakan salah satu kegiatan MICE yang dapat menghasilkan kontribusi ekonomi yang substansial pada wilayah tempat diselenggarakannya pameran. (Getz, 2008) Salah satu komponen dalam kesuksesan penyelenggaraan pameran adalah dengan mengetahui daya tarik destinasi nya. Maka dari itu mengetahui daya tarik destinasi pameran merupakan sesuatu yang penting agar dapat mengembangkan destinasi itu sendiri. Penelitian ini mengkaji mengenai daya tarik destinasi pameran, dengan judul ?Daya Tarik Bandung Raya sebagai Destinasi Pameran.? Dalam mengukur daya tarik destinasi pameran, penulis menggunakan indikator yang dikemukakan oleh (Jin, 2011) yaitu kenyamanan lingkungan di destinasi, fasilitas venue, aksesibilitas, lingkungan ekonomi di destinasi dan klaster efek. Metode yang digunakan penulis dalam penelitin ini menggunakan metode kuantitatif. Dengan data primer untuk penelitian ini didapatkan melalui penyebaran kuesioner kepada PEO yang berdomisili diluar Bandung Raya. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis faktor dengan jumlah responden terkumpul sebanyak 45 PEO yang telah memberikan respon kepada pernyataan mengenai daya tarik Bandung Raya sebagai destinasi pameran. Hasil penelitian ini adalah terbentuk 6 faktor dengan 26 indikator yang menjadi daya tarik Bandung Raya sebagai destinasi pameran. Indikator mengenai keterbukaan masyarakat lokal, pengurusan izin yang mudah, ketersediaan transportasi umum, ketersediaan supplier dan distributor pameran dan kondisi ekonomi destinasi menjadi hal penting yang diperhatikan oleh PEO ketika memilih destinasi pameran. Kata Kunci: Daya Tarik Destinasi Pameran, Daya Tarik Destinasi, Destinasi Pameran, Analisis Faktor 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung