DETAIL DOCUMENT
PENGARUH SMART TOURISM CITY TERHADAP TOURIST EXPERIENCE DI KOTA BANDUNG
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
Dea, Rahma Septiana
Subject
GV1-1860 Recreation, Leisure and Tourism 
Datestamp
2022-11-22 07:51:21 
Abstract :
Kota Bandung merupakan salah satu daerah di Indonesia yang sudah menerapkan smart city dengan memanfaatkan TIK, sensor, dan data analytic. Perkembangan TIK di Kota Bandung pun digunakan dalam kegiatan pariwisata. Konvergensi antara komponen smart tourism dan smart city didefinisikan sebagai smart tourism city, yang mana hal tersebut diperlukan untuk meningkatkan tourist experience melalui produk/layanan yang lebih personal untuk memenuhi preferensi unik setiap wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi dengan populasi yaitu wisatawan yang pernah berwisata ke Kota Bandung serta jumlah sampel sebanyak 250 responden, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh smart tourism city yang terdiri dari transportation, gastronomy, accommodation, ancillary services, dan attraction terhadap tourist experience. Dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh secara bersama- sama antara variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y) di Kota Bandung sebesar 45.50%. Namun secara individual dimensi transportation, accommodation dan attraction berpengaruh signifikan. Sedangkan gastronomy dan ancillary services tidak berpengaruh signifikan terhadap tourist experience. Kata kunci : Smart Tourism, Smart City, Smart Tourism City, Tourist Experience 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung