DETAIL DOCUMENT
PERILAKU WISATAWAN MILENIAL DALAM MELAKUKAN STAYCATION PADA ERA NEW NORMAL DI KOTA BANDUNG
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
Winne, Riesky Alifah
Subject
GV1-1860 Recreation, Leisure and Tourism 
Datestamp
2022-11-24 08:40:53 
Abstract :
Tren berwisata saat ini yang menjadi penggerak pariwisata pada pandemi Covid-19 dalah staycation. Staycation merupakan sebuah aktivitas berwisata yang wisatawannya melakukan kegiatan wisata di daerah sekitar domisili dengan jarak kurang dari 80km dari rumah. Kota Bandung menjadi salah satu dari 3 kota yaitu Bandung,Yogyakarta, dan Jakarta yang menjadi daerah tujuan untuk staycation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku wisatawan yang khususnya wisatawan milenial di Kota Bandung hal ini dikarenakan wisatawan milenial menjadi salah satu jenis wisatawan yang pertama akan berwisata dikarenakan jenis yang paling tidak rentan . Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan evaluasi dan acuan bagi stakeholder terkait seperti pemerintah dan pihak hotel. Berdasarkan analisa data yang telah didapatkan maka perilaku wisatawan yang melakukan staycation di Kota Bandung didasari pada need awareness yaitu kesadaran akan kebutuhan pada wisatawan tersebut dan dipengaruhi oleh beberapa faktor eksternal seperti pencarian informasi, pemasaran, jenis hotel dan harga khusus. Saran dan implikasi dari penelitian ini adalah masih perlu sosialisasi terkait dengan protokol kesehatan, promosi melalui media sosial baik dari hotel maupun Kota Bandung dan meningkatkan kualitas akomodasi serta aksesibilitas. Kata kunci : staycation, perilaku wisatawan, new normal, wisatawan milenial 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung