DETAIL DOCUMENT
Analisis Strategi Bersaing Hotel Pangeran Pekanbaru Dalam Industri Perhotelan Di Masa Pandemi Covid-19
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
Hilda, Sari Wardhani
Subject
HF5410-5417.5 Marketing, Distribution of Product 
Datestamp
2022-11-23 05:40:19 
Abstract :
Seiring dengan perkembangan pariwisata di banyak daerah di Indonesia, usaha di bidang perhotelan di Kota Pekanbaru juga semakin tumbuh dan berkembang. Menurut BPS jumlah hotel di Pekanbaru pada tahun 2018 meningkat sebesar 13,63% menjadi 63 hotel dari 42 hotel pada tahun 2017. Peningkatan jumlah hotel ini mengakibatkan semakin ketatnya persaingan antara setiap hotel, dan menuntut setiap hotel untuk menerapkan strategi bersaing yang baik agar tetap hidup dan berkembang. Namun, sejak Maret 2020 terjadi penyebaran virus Covid-19 yang sangat cepat dan melumpuhkan banyak perusahaan di Indonesia, termasuk di bidang perhotelan. Adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Pekanbaru, telah mengurangi jumlah kunjungan tamu ke kota Pekanbaru, dan berdampak terhadap okupansi hotel yang turun signifikan ke level yang sangat rendah. Hal ini mengakibatkan banyak hotel ditutup sementara, atau mengurangi jumlah pegawainya untuk menghindari biaya operasional yang lebih besar dari pendapatan. Kondisi ini telah memaksa setiap hotel untuk menerapkan strategi agar berada dalam posisi aman dan tetap bertahan hidup. Salah satu hotel yang dapat tetap bertahan di masa sulit tersebut adalah Hotel Pangeran Pekanbaru. Di masa sulit tersebut hotel ini masih tetap dapat mempertahankan pegawainya, serta mampu tetap beroperasional di tengah kesulitan yang berat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi yang diterapkan oleh Hotel Pangeran Pekanbaru, agar tetap bertahan di tengah suasana Pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bersaing Hotel Pangeran Pekanbaru dalam menghadapi persaingan di masa Covid-19, dengan menggunakan pendekatan Resource Based View dan Five Force Porter dan menganalisis menggunakan pendekatan SWOT. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: wawancara terstruktur, observasi dan studi dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan internal yang dimiliki Hotel Pangeran Pekanbaru adalah tanah dan bangunan milik pribadi, konsep bangunan mewah, popularitas, kemampuan karyawan, budaya kerja perusahaan, hubungan baik, database dan kemampuan organisasi. Sedangkan hasil dari lingkungan eksternal diketahui adanya persaingan antar perusahaan, kekuatan tawar menawar, dan daya tawar konsumen yang kuat sedangkan potensi masuknya pesaing baru serta adanya produk pengganti yang masih lemah. Setelah dianalisis menggunakan Matriks SWOT ditemukan bahwa kekuatan yang dimiliki Hotel Pangeran Pekanbaru sangat besar dibandingkan dengan kelemahannya, sementara Hotel Pangeran memiliki peluang dengan memanfaatkan kekuatan tersebut menghindar dari ancaman. Strategi kompetitif adaptasi pada masa covid-19 dengan memanfaatkan internal perusahaan seperti memanfaatkan promosi melalui sosial media dan meningkatkan kualitas pelayanan prima. Kata kunci: Strategi Bersaing, Manajemen Strategik, Resource Based View, Porter?s Five Force, Matriks SWOT. 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung