DETAIL DOCUMENT
PENANGANAN MANAJEMEN KRISIS DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA KAMBERA RESTAURANT ASTON PASTEUR HOTEL BANDUNG
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
Melati, Cantika
Subject
HD28 Management. Industrial Management 
Datestamp
2022-11-24 01:59:28 
Abstract :
Sebagaimana kita tahu, pandemi Covid-19 sangat menghambat mobilitas masyarakat karena munculnya kebijakan-kebijakan dari pemerintah mengenai PSBB (Peraturan mengenai Pembatasan Sosial Berskala Besar) dalam upaya meminimalisasi penyebaran virus. Hal ini tentu berdampak pada sejumlah bisnis yang ada baik skala kecil maupun besar, individu, maupun korporasi mengalami penutupan sementara hingga yang permanen. Dalam situasi ini, sebuah perusahaan memerlukan sebuah manajemen krisis guna mencegah hal-hal yang tidak diharapkan terjadi. Tidak terkecuali imbasnya sampai pula pada Kambera Restaurant Aston Pasteur Hotel Bandung yang tutup sementara sekitar bulan April sampai dengan Juni 2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah penanganan manajemen krisis yang dilakukan oleh Kambera Restaurant Aston Pasteur Hotel Bandung dalam menghadapi pandemi Covid-19 berbasiskan teori Crandall dkk. yang meliputi tahapan: landscape survey, strategic planning, dan crisis management. Penelitian menerapkan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik penelitian berupa wawancara secara lisan dan tulisan, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang ditemukan dari penelitian ini adalah Kambera Restaurant Aston Pasteur Hotel Bandung sudah cukup sigap dan baik dalam menghadapi krisis yang menerpa. Meskipun pandemi masih berjalan, namun 71% dari ruang meeting-nya selalu penuh dalam satu minggu dan okupansi mencapai kisaran 50% sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku. Kata Kunci: Manajemen Krisis, landscape survey, strategic planning, crisis management, Kambera Restaurant Aston Pasteur Hotel Bandung. 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung