DETAIL DOCUMENT
KUALITAS PELAYANAN PEMANDU WISATA DI VIRTUAL TOUR MUSEUM BANK INDONESIA
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
Muhammad, Naufal Yona Satria
Subject
GV1-1860 Recreation, Leisure and Tourism 
Datestamp
2022-11-24 04:13:26 
Abstract :
Sebanyak tiga puluh tiga museum di Indonesia ditutup untuk sementara waktu dikarenakan pandemi COVID-19. Ditutupnya sejumlah museum tersebut menghambat masyarakat untuk berkunjung, belajar, dan berlibur ke museum, hal tersebut membuat sejumlah museum melakukan inovasi yaitu virtual tour museum. Saat ini virtual tour menjadi alternatif yang dapat dilaksanakan supaya pariwisata dapat bertahan sehingga kebutuhan wisatawan dapat terpenuhi. Salah satu museum yang mengadakan virtual tour adalah Museum Bank Indonesia. Virtual Tour Museum Bank Indonesia sudah beroperasi sejak November 2020 sampai sekarang. Per Februari 2021 Virtual Tour Museum Bank Indonesia telah berhasil mendapatkan 4614 peserta. Salah satu komponen penting di dalam virtual tour yaitu pemandu wisata yang mempunyai peranan penting untuk memberi berbagai informasi yang dibutuhkan wisatawan. Pelayanan kepada wisatawan secara langsung dengan virtual tentunya memiliki perbedaan, sehingga diperlukan penelitian untuk meningkatkan kualitas pelayanan pemandu wisata di Virtual Tour Museum Bank Indonesia, kemudian kualitas pelayanan yang baik akan membuat wisatawan melakukan kunjungan kembali. Penelitian ini menggunakan enam dimensi pokok untuk mengetahui kualitas pelayanan pemandu wisata di virtual tour museum bank Indonesia yaitu core service delivery, customer orientation, communication effectiveness, content, context, dan richly open. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini berjumlah 229 orang yang telah mengikuti Virtual Tour Museum Bank Indonesia. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dengan penyebaran kuesioner online dan studi kepustakaan. Dalam melakukan analisis, penulis menggunakan statistik deskriptif dengan menggunakan garis kontinum. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diketahui bahwa kualitas pelayanan pemandu wisata di Virtual Tour Museum Bank Indonesia sudah sangat baik. Rekomendasi yang diberikan penulis adalah pemandu wisata memperbaharui informasi yang dimiliki, memberi ice breaker saat virtual tour, menyiapkan koneksi cadangan, memperbaiki resolusi gambar, dan menambah teknologi baru. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pemandu Wisata, Virtual Tour, Core Service Delivery, Customer Orientation, Communication Effectiveness, Content, Context, Richly Open 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung