Abstract :
ABSTRAK.
PT. Marjaya Trans adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyewaan bus
pariwisata yang layanan nya meliputi dalam pulau jawa hingga luar pulau jawa.
Perusahaan ini memiliki unit penyewaan kendaraan sebanyak 25 unit yang terbagi
dari mobil niaga, elf, hi ace, medium bus, big bus. Dalam melayani konsumen
staff PT. Marjaya trans tentunya harus memiliki sifat ramah, tangkas dan
profesional. Hal seperti ini sudah sewajarnya dimiliki oleh staff PT. Marjaya
Trans sebagai bentuk ukuran kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan
kepada konsumen. Terdapat beberapa keluhan kualitas pelayanan dari konsumen
yang ditujukan kepada staff pada saat reservasi berlangsung. Tujuan Penelitian ini
adalah untuk mengetahui ekspetasi dan persepsi penumpang yang mengunakan
layanan PT. Marjaya Trans Bandung. Penelitian ini menggunakan teori 5 dimensi
kualitas pelayanan yaitu: Tangibility, Empathy, Reliability, Responsiveness dan
Assurance. Penelitian ini menggunakan metode analisis IPA
(ImportancePerformanceAnalysis) yang memberi pengukuran Ekspetasi dan
Persepsi konsumen. Penilitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa dari 4 dimensi
yaitu: Tangibility, Empathy, responsiveness dan Assurance mendapat respon yang
sangat baik, namun terdapat beberapa indikator pada dimensi Reliability yang
mendapatkan nilai cukup sehingga belum memenuhi dari ekspetasi konsumen.
Sehingga perusahaan PT. Marjaya Trans harus melakukan pelatihan untuk staff
terkait untuk meningkatkan kulitas pelayanan yang diberikan perusahaan kepada
konsumen. Supaya diharapkan dapat memenuhi ekspetasi dari konsumen
pengguna jasa penyewaan bus pariwisata PT. Marjaya Trans.