DETAIL DOCUMENT
KUALITAS PELAYANAN TRANSPORTASI DIPT BANTEN TOUR MANDIRI
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
Yogi, Guntara Hafifi
Subject
HE Transportation and Communications 
Datestamp
2022-11-28 06:41:08 
Abstract :
Tingginya minat wisata domestik di Indonesia sangat menarik perhatian besar beberapa daerah maupun provinsi yang ada di Indonesia seperti Jawa Barat, Bali, Banten, dan lain-lain. Berkat tingginya minat wisatawan terhadap pariwisata Indonesia, mendorong pemerintah daerah berlomba-lomba membangun infrastruktur pariwisata, terutama dalam hal transportasi untuk mempermudah wisatawan mencapai suatu destinasi. Hal ini menjadi alasan semakin banyaknya perusahaan transportasi yang bermunculan. Salah satunya adalah PT. Banten Tour Mandiri, yang menjadi objek penelitian. Perusahaan ini bergerak di bidang transportasi. PT. Banten Tour Mandiri menawarkan produk jasa transportasi, shuttle. Sebagai perusahaan layanan jasa transportasi, dibutuhkan kualitas pelayanan yang baik sehingga dapat memberi kepuasan bagi penumpang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan konsep kualitas pelayanan yang dikembangkan oleh Parasuraman, Zeithaml, dan Berry (1988). Pengukurannya didasarkan pada skala multi item yang dirancang untuk mengukur harapan dan persepsi pelanggan, serta gap di antara keduanya pada lima dimensi utama kualitas jasa, yaitu, tangible, empathy, responsiveness, reliability dan assurance. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sumber data utama diperoleh dari hasil kuesioner yang disebarkan kepada penumpang PT. Banten Tour Mandiri. Darin hasi olahan data peneliti, diketahui bahwa dari kelima dimensi kualitas pelayanan tersebut, dimensi tangible dan assurance menjadi poin yang paling diharapkan atau dianggap penting penumpang. Nilai persepsi justru sebaliknya, di mana penumpang shuttle PT. Banten Tour Mandiri menilai bahwa persepsi atau layanan jasa transportasi yang dirasakan masuk dalam kategori cukup baik. Hal ini mengindikasikan bahwa penumpang belum puas dengan pelayanan jasa transportasi dalam hal ini shuttle yang diberikan oleh PT. Banten Tour Mandiri belum sesuai dengan ekspektasi penumpang. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT. Banten Tour Mandiri kepada penumpang belum optimal. Hal ini terbukti i data hasil olahan peneliti terkait nilai service quality yang berada di angka - 0,26, yang mengindikasikan bahwa persepsi yang dirasakan belum memenuhi harapan penumpang. Hal ini juga dapat diketahui berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan Importance ? Performance Matrix yang menunjukkan bahwa terdapat tujuh butir indikator yang termasuk dalam Kuadran I, yang mana termasuk dalam kategori prioritas utama. Kata kunci: Transportasi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Penumpang, Diemensi Kualitas Pelayanan 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung