DETAIL DOCUMENT
MOTIVASI BERKUNJUNG WISATAWAN KE KEBUN RAYA CIBODAS DI ERA NEW NORMAL
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
Andini, Diriganti
Subject
HD28 Management. Industrial Management 
Datestamp
2022-11-22 07:37:35 
Abstract :
Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk mengetahui motivasi berkunjung manakah yang paling berpengaruh untuk wisatawan dalam melakukan kegiatan berwisata di Kebun raya Cibodas. Hal ini dilakukan demi membantu pihak Kebun Raya Cibodas dalam melakukan dan mengembangkan produk dan jasa yang tersedia di Kebun Raya Cibodas untuk kenyamanan dan menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Motivasi berkunjung wisatawan memiliki dua faktor pembentuk yaitu, faktor push dan faktor pull yang memiliki dimensi dan sub-dimensinya masing-masing. Pada faktor push memiliki dua dimensi yaitu dimensi internal yang dibagi menjadi tiga sub-dimensi yaitu Achivement, Knowledge/ Education, dan Sports dan dimensi emosional yang dibagi menjadi empat sub- dimensi yaitu Family and Togetherness, Escape, Exciting and Adventuring and Play. Faktor pull memiliki tiga dimensi antara lain adalah eksternal yang memiliki dua sub-dimensi yaitu Natural scenery, Information/Advertisement Destination, kognitif, memiliki satu sub-dimensi yaitu Wide space and Activites dan situasional yang memiliki satu dimensi yaitu Cleanliness and shopping. Dari ke sebelas dimensi tersebutlah yang menjadi penilaian peneliti yang nantinya dapat dipergunakan oleh pihak pengelola Kebun raya Cibodas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 110 dengan syarat wisatawan yang berkunjung ke Kebun Raya Cibodas pada era new normal. Teknik pengumpulan yang peneliti lakukan yakin dengan cara penyebaran kuesioner melalui g-form. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor push lah yang paling berpengaruh dalam memotivasi wisatawan untuk berkunjung dan berwisata ke Kebun Raya Cibodas. Adapun beberapa indikator yang mendapatkan nilai rendah, dengan begitu maka pihak Kebun Raya Cibodas dapat lebih fokus dalam menjaga merawat dan melestarikan alam dan tumbuhan yang menjadi daya Tarik bagi Kebun Raya Cibodas itu sendiri. Kata Kunci: Era New Normal, Motivasi Berkunjung Wisatawan, Push Motivation, Pull Motivation 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung