DETAIL DOCUMENT
PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP MINAT KUNJUNG WISATAWAN KE PULAU PARI, KEPULAUAN SERIBU
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
Adzra, Muthi’ah Hafizhah
Subject
HF5410-5417.5 Marketing, Distribution of Product 
Datestamp
2023-03-28 06:14:28 
Abstract :
Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kunjunga wisatawan adalah dengan cara melakukan digital marketing. Digital marketing juga dilakukan oleh SUDINPAREKRAF Kepulauan Seribu untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke Pulau Pari. Pulau Pari merupakan salah satu pulau penduduk yang berada di Kepulauan Seribu. Mulai dari tahun 2018 hingga kini terus terjadi penurunan tingkat kunjung wisatawan ke Pulau Pari yang diakibatkan oleh bencana alam. Meskipun begitu, pulau penduduk lainnya yang berada di Kepulauan Seribu memiliki lebih banyak kunjungan wisatawan dibandingkan dengan Pulau Pari. Pada tahun 2020, SUDINPAREKRAF Kepulauan Seribu mengadakan bimbingan teknis untuk menggunakan media sosial sebagai alat untuk memasarkan Pulau Pari. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh social media marketing terhadap minat berkunjung ke Pulau Pari, Kepulauan Seribu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode verifikatif berdasarkan probability sampling terhadap populasi. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 150 yang didapatkan melalui online questionnaire dan diambil sesuai dengan target pasar dari SUDINPAREKRAF Kepulauan Seribu. Data yang didapat diolah menggunakan SPSS, metode suksesif interval (MSI), analisis statistik deskriptif, dan regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa social media marketing berpengaruh secara signifikan terhadap minat berkunjung ke Pulau Pari, Kepulauan Seribu. Kata Kunci: Digital Marketing, Social Media Marketing, Minat Berkunjung, Pulau Pari 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung