DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN PAKET WISATA KAWAH IJEN BANYUWANGI DI RAMEYZA WISATA INDONESIA
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Author
Nabilla, Dinga
Subject
HD28 Management. Industrial Management 
Datestamp
2022-11-29 06:12:08 
Abstract :
Taman Wisata Alam Kawah Ijen merupakan salah satu atraksi wisata di Indonesia yang mampu menarik wisatawan mancanegara. Daya tarik utamanya adalah Blue Fire atau api biru yang berada di dalam Kawah Ijen. Letaknya yang berada di perbatasan antara dua kabupaten, yaitu Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, membuat destinasi wisata ini dapat dikses dari kedua kabupaten tersebut. Salah satu biro perjalanan wisata yang menawarkan paket wisata Kawah Ijen adalah Rameyza Wisata Indonesia yang berlokasi di Kabupaten Bondowoso. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ekspektasi dan persepsi konsumen paket wisata Kawah Ijen terhadap kualitas pelayanan di Rameyza Wisata Indonesia sehingga dapat diketahui faktor-faktor untuk meningkatkan kepuasan konsumen dengan menggunakan dimensi SERVQUAL dan bauran pemasaran pelayanan. Dalam peneliitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dibuat kesimpulan bahwa konsumen paket wisata Kawah Ijen merasa belum puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Rameyza Wisata Indonesia. Upaya yang dilakukan oleh pihak manajemen untuk meningkatkan kualitas pelayanan juga belum maksimal. Maka dari itu, untuk meningkatka kepuasan konsumen paket wisata Kawah Ijen diperlukan adanya pengembangan kualitas pelayanan melalui faktor-faktor yang terkait. Kata Kunci : Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan, SERVQUAL, Ekspektasi, Persepsi. 
Institution Info

Politeknik Pariwisata NHI Bandung