DETAIL DOCUMENT
PENGARUH BELAJAR KELOMPOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA KULIAH PAK REMAJA TINGKAT III MAHASISWA/MAHASISWI SEKOLAH TINGGI TEOLOGI INTHEOS SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2021/2022
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Teologi Intheos Surakarta
Author
Yupukolo, Erniawati
Subject
BV Practical Theology 
Datestamp
2023-07-24 05:03:00 
Abstract :
Latar belakang penulisan skripsi ini adalah untuk peneliti menunjukkan bahwa salah satu penyebab mahasiswa/ mahasiswi tingkat lll kurang aktif dalam belajar kelompok adalah kurangnya pengaruh belajar kelompok yang belom diajarkan secara kusus dalam mata kuliah pak remaja. Sehingga berdampak kepada motivasi belajar Mahasiswa/mahasiswi tingkat lll. Masalah dalam skripsi ini adalah pada kategori apa pengaruh belajar kelompok tehadap motivasi belajar mata kuliah PAK Remaja Mahasiswa/mahasiswi tingkat lll. Untuk mengetahui pada kategori apa motivasi belajar mata kuliah PAK remaja tingkat lll. Dan untuk mengetahui seberapa kuat tingkat lll Pengaruh belajar kelompok terhadap motivasi belajar mata kuliah PAK remaja mahasiswa/mahasiswi tungkat lll sekolah tinggi teologi Intheos 2020/2021 Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei diamana pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner atau angket, dengan mengunakan dengan skala liket. Penelitian ini mengunakan tiga hipotesis yaitu:(1) belajar kelompok mata kuliah PAK Remaja mahasiswa/mahasiswi tingkat III Sekolah Tinggi Teologi Intheos tahun ajaran 2020/2021 ada pada tingkat kategori cukup.(2) pengaruh belajar mata kuliah PAK Remaja mahasiswa/mahasiswi tingkat III Sekolah Tinggi Teologi Intheos tahun ajaran 2020/2021 ada pada tingkat kategori cukup. (3) pengaruh belajar kelompok terhadap motivasi belajar PAK Remaja mahaisiswa/mahasiswi tingkat III Sekolah Tinggi Teologi Intheos tahun ajaran 2020/2021 ada pada tingkat kategori cukup. Dari hasil uji statistik deskriptif terhadap variabel X dan Y Diperoleh hasil sebagai berikut: jumlah kelas ditetapkan tiga, yaitu kategori kurang, cukup dan kuat. Hasil yang ditemukan berada pada kategori kurang menuju cukup dalam kelas interval. Artinya pengaruh belajar kelompok terhadap motivasi belajar mata kuliah PAK Remaja mahasiswa/mahasiswi tingkat III berada pada kategori kurang menuju cukup. karena itu hipotesis pertama terbukti.hasil variabel motivasi belajar mata kuliah PAK remaja pada kategori cukup. karena itu hipotesis kedua terbukti. Dari hasil uji statistik regresi sederhana, diperoleh hasil sebagai berikut: bahwa Pengaruh belajar kelompok terhadap motivasi belajar mata kuliah PAK remaja mahasiswa/mahasiswi tingkat lll Sekololah Tinggi Teologi ?Intheos? 2020/2021 dengan nilai rxy=0.791. sehingga tidak terbukti berpengaruh kuat. Karena itu hipotesis ketiga tidak terbukti. Berdasarkan Fakta-fakta setelah mengadakan penelitian, peneliti memberikan tiga implikasi yang diharapkan dapat menjadi masukan untuk mahasiswa/mahasiswi tingkat lll Stt ?INTHEOS? Surakarta. berdasarkan temuan I, implikasi berupa Meningkatkan penggunaan belajar kelompok pada mata kuliah PAK Remaja dalam bentuk permainan. Temuan ll, berupa Meningkatkan motivasi belajar mata kuliah Pendidikan Agama Kristen remaja, dalam bentuk Sharing atau diskusi.temuan lll, Implikasi berupa Mempertahankan penggunaan belajar kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar Mahasiswa/Mahasiswi Sekolah Tinggi Teologi Intheos Surakarta, dalam bentuk seminar. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Teologi Intheos Surakarta